INDONESIA

'FIKSI', Kisah Pilu Si Gadis Kaya

Kamis, 19 Juni 2008 16:40  | 

Ladya Cherryl







KapanLagi.com - Pemain: Ladya Cherryl, Donny Alamsyah, Kinaryosih, Inong, Soultan Saladin, Rina Hasyim, Egy Fedly, Jose Rizal Manua, Aty Cancer

Cinesurya kali ini 'nekad' mengeluarkan film dengan genre drama thriller di tengah menjamurnya film horor dan komedi dewasa. Film yang terinspirasi oleh cerita Alice in Wonderland ini berjudul FIKSI yang berkisah tentang seorang gadis yang bagai hidup di dunia mimpi berpetualang ke dunia nyata.

Diceritakan Alisha (Ladya Cherryl) adalah gadis yang terlahir dari keluarga kaya yang memberinya segala hal yang bersifat duniawi. Sayang keluarganya hancur. Ibunya menembak dirinya sendiri di depan Alisha karena tak sanggup menerima kenyataan suaminya yang berselingkuh. Meski tinggal di rumah besar dan tercukupi seluruh kebutuhannya, namun kehidupan Alisha tak bahagia, sepi tanpa cinta.

Suatu hari, Alisha mendengar siulan Bari (Donny Alamsyah), seorang buruh serabutan, yang sedang membersihkan kolam renang rumahnya menggantikan tukang kebun yang sedang libur. Alisha pun terpikat pada Bari. Ia nekad kabur dari rumah demi mencari tahu di mana Bari tinggal.

Pencariannya membawa Alisha menyewa kamar rumah susun persis di sebelah tempat Bari tinggal bersama kekasihnya, Renta (Kinaryosih). Hari-hari Alisha yang biasanya sepi, kini dipenuhi dengan suara canda, cinta dan pertengkaran yang terdengar dari kamar sebelah.

Berkat pipa mampet, Alisha bisa berkenalan dengan Bari. Bari pun mengajaknya menyelusuri kehidupan penduduk rumah susun sembilan lantai itu. Sedikit demi sedikit, Alisha mulai memahami arti hidup. Dia semakin kagum dengan Bari yang mampu menikmati hidupnya walau kekurangan. Alisha pun ingin mencicipi kehidupan nyaman Bari.

Bari mengaku dia sedang mengerjakan sebuah novel yang inspirasinya berasal dari kehidupan nyata di rumah susun itu. Sayang Bari belum bisa menyelesaikannya, karena yang berasal dari kehidupan nyata tak bisa dibuat fiksi.

Segala cara dilakukan Alisha untuk membantu Bari; menipu, menjebak sampai membunuh. Ini adalah sisi gelap sebuah cinta, sebuah obsesi, sebuah mimpi.

Film perdana garapan sutradara perempuan Mouly Surya ini memberikan nafas baru dalam dunia perfilman Indonesia. Film yang sarat dengan pesan moral ini memang termasuk film yang sangat serius. Namun penonton tak akan kecewa di akhir ceritanya. (kpl/lin)