INTERNASIONAL

'1911', Revolusi Besar

Rabu, 11 Mei 2011 17:13  | 

Jackie Chan


'1911', Revolusi Besar
Media Asia Distributions





KapanLagi.com - Pemain: Jackie Chan, Winston Chao, Li Bingbing

Rating:

1,5 star1,5 star

Sinopsis
Dunia sudah memasuki abad ke-20. Meski begitu, kondisi di negeri China masih tetap tidak mengalami kemajuan. Rakyat masih tetap hidup di bawah tindasan Dinasti Qing. Setelah sekian lama, rakyat akhirnya tak bisa lagi bersabar. Bisa jadi ini bakal jadi awal dari revolusi yang mengubah sistem pemerintahan di China.

Kesadaran rakyat China berawal dari bangkitnya gerakan yang dipelopori oleh Dr. Sun Yat-sen (Winston Chao). Pelan-pelan pengikut Dr Sun Yat-sen semakin banyak dan posisi Dinasti Qing makin terancam. Di saat situasi mulai sulit dikendalikan, Dinasti Qing mulai berusaha mendatangkan persenjataan modern yang dibeli dengan cara menjual barang-barang berharga warisan leluhur.

Di saat itu, muncullah Huang Xing (Jackie Chan) yang baru saja pulang dari Jepang untuk mempelajari seni peperangan modern. Melihat negerinya terpecah-belah, tak ada pilihan buat Huang Xing selain memihak salah satu kubu. Huang Xing memilih memihak kaum revolusioner. Berbekal pendidikan yang ia dapat di Jepang, bisa jadi Huang Xing bakal berhasil membawa China ke arah modernisasi.

Review
Apa yang istimewa dari film berjudul singkat, 1911, ini? Paling tidak film ini dibuat untuk memperingati 100 tahun Revolusi Xinhai yang meruntuhkan sistem pemerintahan monarki di China. Tak hanya itu, film ini sekaligus menjadi film ke-100 yang dibintangi Jackie Chan. Selebihnya, tak terlalu banyak yang dijanjikan film ini.

Tak bisa dipungkiri, setiap mendengar nama Jackie Chan, yang terbayang di benak adalah aksi bela diri spektakuler yang dilakukan sendiri oleh sang bintang. Kalau Anda termasuk kategori ini, bisa jadi Anda akan dibuat kecewa oleh 1911 ini. Memang ada adegan pertempuran seru namun seni bela diri kung fu yang biasanya jadi menu utama malah nyaris tak ada.

Jackie Chan sendiri terlihat tak terlalu mengalami kesulitan memerankan seorang jenderal pemberontak sementara aktor dan aktris lain pun tampil cukup meyakinkan. Yang jadi masalah sebenarnya adalah naskah yang terlalu melibatkan banyak karakter sehingga masing-masing karakter seperti tak tergarap dengan baik. Proyek ini memang cukup ambisius karena kisah yang ditawarkan juga cukup luas.

Terlepas dari itu, suguhan visual yang disajikan cukup memanjakan mata namun jangan berharap lebih dari itu.(kpl/roc)

Genre:Drama
Release Date:September 23, 2011
Director:Jackie Chan, Zhang Li
Screenplay:Wang Xingdong, Chen Baoguang
Producer:Wang Zhebin, Wang Tinyun, Bi Shulin
Distributor:Media Asia Distributions
Runtime:125 minutes
Budget:US$30 million
Official Site:www.1911movie.com
Trailer Film 1911

Lihat Trailer Lainnya | Film Minggu Ini