INTERNASIONAL

'HUGO', Saat Misteri Itu Mulai Terungkap

Kamis, 08 Maret 2012 07:15  | 

Ben Kingsley


'HUGO', Saat Misteri Itu Mulai Terungkap
Paramount Pictures




KapanLagi.com -
Oleh: Facthur Rochim & Adi Abbas Nugroho

Pemain: Asa Butterfield, Ben Kingsley, Chloe Moretz, Sacha Baron Cohen.

Sinopsis
Hugo Cabret (Asa Butterfield) mungkin tak pernah mengira kalau ia bakal kehilangan ayah (Jude Law) yang ia cintai, apalagi kalau kepergian ayahnya dipenuhi misteri seperti ini. Tapi semua sudah terjadi dan tak ada pilihan lain buat Hugo selain menghadapi kenyataan pahit ini sambil tetap berusaha mencari tahu ke mana ayahnya menghilang.

Sebelum menghilang, ayah Hugo sempat mewariskan beberapa barang yang sepertinya meninggalkan petunjuk buat Hugo. Hugo tak tahu harus bagaimana namun ia tetap harus berusaha. Di saat yang sama Hugo juga harus merahasiakan di mana ia tinggal selama ini. Memang tak ada yang tahu kalau Hugo selama ini tinggal di lorong-lorong yang tersembunyi di antara dinding-dinding stasiun kota Paris.

Titik cerah mulai terlihat ketika Hugo secara tak sengaja bertemu Isabelle (Chloe Moretz). Entah kenapa Hugo percaya pada gadis cilik yang unik ini. Dan anehnya lagi, Isabelle bisa jadi adalah bagian dari teka-teki yang selama ini meliputi hilangnya ayah Hugo. Apa yang sebenarnya terjadi pada ayah Hugo dan bagaimana mungkin Isabelle bisa menjadi bagian dari misteri ini?

Film yang diadaptasi dari novel karya Brian Selznick ini disutradarai oleh Martin Scorsese yang sebelumnya sukses menyutradarai film seperti THE AVIATOR dan SHUTTER ISLAND. Di tangan Scorsese, HUGO mampu menggondol lima piala Oscar dalam kategori visual efek terbaik, sound editing terbaik, sinematografi terbaik, art direction terbaik dan sound mixing terbaik.

Review
Mengejar mimpi. Rasanya tema itu sudah sangat klise diangkat menjadi warna dalam banyak film baik sebagai sempilan maupun inti cerita. Namun HUGO memiliki poin yang berbeda. Selain tentu saja penyajian gambar yang cantik dan mempesona, HUGO membuat proses mengejar mimpi terlihat begitu kuat dan harus diraih.

Selain didukung oleh ensemble cast yang benar-benar mumpuni, HUGO juga diperkuat oleh cerita yang menarik dan menyentuh. Terutama proses Scorsese dalam menuangkan fantasi bukunya ke dalam bahasa visual yang begitu detail.

Sayangnya ada beberapa sub-plot yang tidak tergarap dengan baik sehingga terkesan hanya tempelan. Seperti subplot tentang Inspektur stasiun yang jatuh cinta dengan gadis penjual bunga. Juga tentang sepasang lansia yang sedang jatuh cinta. Selebihnya, Hugo adalah film yang aman dikonsumsi oleh semua anggota keluarga.

(kpl/abs/dka/roc)

Genre:Adventure
Release Date:November 23, 2011
Director:Martin Scorsese
Screenplay:John Logan
Producer:Johnny Depp, Tim Headington, Graham King, Martin Scorsese
Distributor:Paramount Pictures
Runtime:127 minutes
Budget:170 juta Dollar Amerika
Official Site:www.hugomovie.com
Trailer Film HUGO

Lihat Trailer Lainnya | Film Minggu Ini