INTERNASIONAL

[REVIEW] 'ASSASSINATION'

Kronik Tim Pembunuh Demi Kedamaian Korea
Senin, 07 September 2015 19:52  | 

Jun Ji Hyun


Kronik Tim Pembunuh Demi Kedamaian Korea
ASSASSINATION/© Caper Film




KapanLagi.com - Oleh: Abbas Aditya

Setelah kesuksesan THE THIEVES (2012), sutradara Choi Dong Hoon kembali melakukan gebrakan lewat karya terbaru bertajuk ASSASSINATION. Tidak jauh berbeda dengan pencapaian sebelumnya, layar lebar kelima Dong Hoon tersebut berhasil menjadi film Korea terlaris tahun ini.

ASSASSINATION mengambil setting tahun 1930-an. Saat itu Korea tengah dijajah oleh kolonial Jepang sehingga menjadikan Manchuria, Tiongkok, sebagai tempat berkumpulnya aktivis perlawanan. Kisah bermula saat agen pemerintahan Korea, Yeom Seok Jin (Lee Jung Jae), mengutus tiga pelaku kriminal yang memiliki keahlian khusus untuk membunuh Gubernur Jepang.

Tiga orang tersebut adalah penembak andal Ahn Ok Yun (Jun Ji Hyun), lulusan terakhir sekolah militer Chu Sang Ok atau akrab disapa Big Gun (Cho Jin Woong), serta ahli peledak Hwang Deok Sam (Choi Deok Moon). Tanpa disadari tugas itu menjadi ajang pertaruhan nyawa kala seseorang di antara mereka merupakan mata-mata musuh.

Sepanjang 140 menit durasinya, bisa dibilang Choi Dong Hoon melakukan tugas sebagai pencerita yang baik. Ia berhasil menarik perhatian penonton untuk sepenuhnya mengikuti kronik tim pembunuh secara sersan alias serius tapi santai. Hingga tanpa sadar, tahu-tahu film sudah berakhir.

ASSASSINATION/ Caper FilmASSASSINATION/ Caper Film

Meski begitu, harus diakui pada paruh pertama narasinya sedikit membingungkan akibat sesi pengenalan karakter dan awal mula konflik yang membutuhkan konsentrasi penuh. Namun lepas itu, ASSASSINATION seperti terjun bebas memberi paket aksi spionase super seru.

Melihat kompleksitas ceritanya, Dong Hoon bersama Lee Ki Cheol sebagai penulis naskah mampu memberi tempat untuk karakternya tumbuh. Meski tidak banyak, setidaknya sedikit waktu yang ada diluangkan untuk memperkenalkan mereka agar penonton dibuat peduli pada nasib tokoh-tokoh yang ada.

Kredit patut diberikan kepada tim artistik yang berhasil membangun setting masa lampau dengan luar biasa. Hampir-hampir terasa nyata dan hidup.

Juga tepatnya pemilihan pemain seperti Jun Ji Hyun dan Lee Jung Jae yang pernah bekerjasama dengan Choi Dong Hoon dalam THE THIEVES. Selain mereka, ensemble cast di film ini juga berhasil tampil prima dan mengesankan. Salah duanya adalah Ha Jung Woo dan Oh Dal Su sebagai pembunuh bayaran freelance, Hawaii Pistol dan Old Man.

ASSASSINATION jelas menjadi presentasi memuaskan dari Choi Dong Hoon. Bisa dipastikan bakal membuat karya-karya masa depannya selalu ditunggu oleh penikmat film. Maka tidak heran bila kemudian fitur satu ini masuk daftar delapan film berpenghasilan tertinggi dalam sejarah sinema negeri ginseng. 

Jangan Lewatkan

Ketika Obsesi Pada Musik Membuat Lupa Segalanya
Kisah Cinta Segitiga Profesor, Mahasiswi dan Kakak HOTnya
Modernisasi Petualangan 4 Superhero Penuai Konflik Besar
Petualangan Agen Wanita Kocak Mirip James Bond
Romansa Manis Dua Dunia

(kpl/abs/tch)