INTERNASIONAL

[REVIEW] 'FANTASTIC BEASTS AND WHERE TO FIND THEM'

Petualangan Newt Scamander Muda Kumpulkan Beast di New York
Senin, 19 Desember 2016 18:00  | 

Eddie Redmayne


Petualangan Newt Scamander Muda Kumpulkan Beast di New York
Eddie Redmayne as Newt Scamander/ŠIstimewa

KapanLagi.com - [SPOILER ALERTS]

By: Tita Chamberlin

Warga New York sedang dihantui oleh teror. Tak ada yang tahu apa yang menyebabkan jalanan terbelah, gedung-gedung hancur, dan tentu saja korban jiwa. Tapi dari beberapa saksi mata, penyebabnya adalah monster atau binatang buas berukuran besar dengan mata bercahaya dan memiliki kecepatan yang mengagumkan.

Setidaknya, intro yang bikin deg-degan tersebut bertempat di lokasi dengan atmosfer berbeda dengan kebanyakan scene yang kamu tonton dalam sekuel Harry Potter. But you won't find any famous-wizard-characters in it. Semua yang tampak dalam film ini adalah muggle yang tak tahu menahu soal sihir.

Berlatar di era 1920-an, FANTASTIC BEASTS AND WHERE TO FIND THEM menceritakan petualangan Newt Scamander yang diperankan oleh Eddie Redmayne mencari sederet beast di New York. Scamander pun membuat daftar panjang makhluk yang ia tangkap itu dan kemudian dibukukan untu dijadikan bahan bacaan bagi para siswa Hogwarts.

Fantastic Beasts ceritakan kisah Newt Scamander di New York/ŠImpawardsFantastic Beasts ceritakan kisah Newt Scamander di New York/ŠImpawards

Film ini bakal memanjakan kamu dengan berbagai macam hewan sihir yang mungkin belum pernah kamu kenal sebelumnya. Namun tak semua hewan ajaib dalam film ini jinak. Saat lepas dan tak terkendali, those fantastic beasts could put muggles in serious danger.

Film dengan durasi 2 jam ini juga banyak memanjakan penggemar Harry Potter dengan adu kecepatan dan mantra sihir, meski ada juga adegan lucu ketika Newt Scammander harus merebut tongkat sihirnya dari tangan seekor kera nakal sebelum menggunakannya kembali. 

Kemiripan film ini dengan sekuel Harry Potter lainnya adalah musuh terselubung, yang membuat penonton menebak-nebak, siapa pelaku di balik semua kekacauan yang terjadi di New York. Apakah pra Auror, atau memang murni perbuatan hewan-hewan ajaib yang di luar kendali para penyihir.

Petualangan Newt mencari Beast ini dibukukan dan menjadi pegangan wajib murid Hogwarts/ŠImpawardsPetualangan Newt mencari Beast ini dibukukan dan menjadi pegangan wajib murid Hogwarts/ŠImpawards

Bagi kamu yang nggak hobi mengikuti cerita Harry Potter, film ini akan terasa sedikit membosankan di bagian tengah film. Tapi rasa bosan tadi bakal hilang dan berganti menjadi penasaran ketika mendadak Newt Scammander ditangkap karena dianggap bertanggung jawab atas semua kekacauan.

Nuansa gelap juga masih menjadi andalan film arahan sutradara David Yates yang terinspirasi dari sebuah buku dengan judul yang sama karya J.K. Rowling ini. And of course, sebuah perpisahan yang menyedihkan di penghujung film tak harus ditandai dengan sebuah kematian tragis, bukan? I mean, come on, that's a muggle kinda thing.

Meski cuma meraih rating 6.8/10 dari Rotten Tomatoes karena dikritik atas jalan ceritanya yang cukup membosankan, FANTASTIC BEASTS mampu mengobati kerinduan para fans Harry Potter akan dunia sihir yang sudah tak lagi bisa mereka nikmati. Uniknya, para pemain film ini sama sekali belum pernah bermain dalam HARRY POTTER Saga lho.

FANTASTIC BEASTS tempati posisi ke 10 film terlaris di US/ŠImpawardsFANTASTIC BEASTS tempati posisi ke 10 film terlaris di US/ŠImpawards

Seperti biasa, tak ada yang bisa membantah keindahan setting yang diperhalus dengan efek CGI dalam film ini. Suasana khas New York tahun '20-an dipadu dengan sentuhan Yates yang belum bisa 'move on' dari HARRY POTTER kental terasa. 

Plus, wardrobe juga jadi salah satu faktor penting keindahan FANTASTIC BEASTS. Wardrobe keren ini konon katanya sampai membuat Daniel Radcliffe, pemeran Harry Potter, iri kepada Eddie Redmayne karena pakaian karakter Scamander muda yang kece daripada tokoh Harpot. 

Film yang sukses meraih Rp 9,6 T di seluruh dunia ini menempati posisi 10 dalam daftar film terlaris Amerika Serikat tahun 2016. Namun, film yang sedang disiapkan sekuelnya ini belum mampu mengalahkan HARRY POTTER SAGA dan hanya menduduki posisi buncit dari 8 seri Harpot. Bagaimana menurut kalian? But, buat hiburan akhir minggu, FANTASTIC BEASTS AND WHERE TO FIND THEM bisa jadi salah satu alternatif kok! Happy watching.

(kpl/tch)