INTERNASIONAL

[Review] 'AMOUR', Pahit Manis Usia Senja

Rabu, 23 Januari 2013 20:41

[Review] 'AMOUR', Pahit Manis Usia Senja
Wega Film




KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Belakangan kita hanya disuguhi dengan film cinta picisan, cenderung dangkal dengan kadar yang terkadang hanya memberi mimpi semu. Namun di tangan Michael Haneke, cinta menjadi sebuah bahan perenungan tersendiri.

Lewat karya terbarunya yang mendapat piala tertinggi di ajang Cannes 2012 ini, kita akan dibawa pada makna sebenarnya tentang cinta. Bahwa cinta bukan hanya soal rasa dan kata, namun juga kesetiaan menerima keadaan pasangan hingga ajal menjemput.

AMOUR berkisah tentang pasangan senja Georges (Jean-Louis Trintignant) dan Anne (Emmanuelle Riva) yang tinggal dalam apartemen sederhana.

Pada suatu pagi saat sarapan, Georges mendapati awal mimpi buruk dari sisa hidupnya. Yakni ketika sang istri terserang stroke ringan hingga menunggu waktu untuk semakin parah dari hari ke hari.

Di sinilah cinta pasangan tua ini diuji. Dan pada titik ini juga emosi kita sebagai penonton turut mendapat ujian. Haneke mampu membuat kita membayangkan masa tua, membayangkan siap atau tidak siap menjadi renta dengan teman hidup kita nanti.

Lewat tata musik minim, kisah Georges dan Anne terasa sangat pahit. Ditambah dengan akting dua pemain yang begitu luar biasa, tak ada yang lebih manis daripada itu.

Bila tidak terbiasa dengan ritme penceritaan film Perancis, film ini akan terasa melelahkan. Namun percayalah, kenikmatan menonton AMOUR akan begitu terasa setelah end credit muncul.

Dan hidup kita benar-benar pun dimulai setelah itu..

(kpl/abs)