INTERNASIONAL

[Review] 'ARBITRAGE', Sisi Kelam Pengusaha Kaya

Selasa, 10 September 2013 20:11  | 

Richard Gere


[Review] 'ARBITRAGE', Sisi Kelam Pengusaha Kaya
Image: TreeHouse Films




KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Robert Miller (Richard Gere) merupakan pemilik perusahaan pengelola aset gabungan. Tepat setelah perayaan ulang tahunnya yang ke-60, Robert seperti mengalami titik balik dalam hidupnya.

Selain investasi besar-besaran yang merugi, ia juga berusaha 'cuci tangan' dari kematian kekasih gelapnya, Julie Côte (Laetitia Casta). Bisakah Robert menyelesaikan masalah yang bertumpuk tersebut? Apakah sisa kekayaan yang dimiliki sanggup menghentikan kekacauan yang ia mulai?

Judul ARBITRAGE yang diambil dari istilah pembelian atau penjualan saham ini merupakan fitur layar lebar perdana Nicholas Jarecki. Lewat debutnya, Jarecki berhasil menampilkan kebolehannya dengan baik. Mengingat naskah juga ditulis olehnya, tak heran bila sutradara lulusan New York University ini seperti tahu betul bagaimana mengeksekusi karyanya agar sempurna.

Maka selama hampir dua jam durasi berjalan, ARBITRAGE tidaklah membosankan. Sosok Robert Miller yang didapuk sebagai lead character berhasil menyajikan studi karakter unik yang bisa saja ada di sekitar kita.

Menonton film ini membuat kita turut peduli dengan nasib Robert yang diperankan secara gemilang oleh aktor gaek Richard Gere. Tak hanya itu, film yang turut diramaikan deretan pemain ternama lain seperti Susan Sarandon, Tim Roth hingga Brit Marling juga menampilkan akting yang tak kalah meski sangat dibatasi.

Sebagai sajian thriller, ketegangan yang dimuat film ini cenderung pelan. Namun hal itulah yang membuat ritme menonton terjaga. Secara tepat Jarecki mengolahnya hingga pada sebuah penyelesaian yang sempurna.

Meski baru rilis di bioskop Indonesia hampir satu tahun setelah rilis di Amerika, film ini sangat sayang untuk dilewatkan. Terlebih jika kamu menyukai jenis drama bernuansa thriller, debut Jarecki ini adalah tontonan yang tepat.

(kpl/abs)