INTERNASIONAL

[Review] 'JACK REACHER', Mencari Tersangka Penembakan

Jum'at, 28 Desember 2012 18:03  | 

Tom Cruise


[Review] 'JACK REACHER', Mencari Tersangka Penembakan
Foto: Skydance




KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Menilik dari segi trailer, serta poster dan nama besar Tom Cruise, perkiraan pertama pasti film besutan Christopher McQuarrie ini senada dengan franchise MISSION: IMPOSSIBLE. Sayangnya JACK REACHER yang diadaptasi dari buku One Shot tulisan Lee Child lebih berkonsentrasi pada sajian thriller kriminal.

Film dibuka dengan penembakan lima warga Pittsburgh tak bersalah yang dilakukan oleh seorang penembak ulung. Setelah diselidiki, tertangkap pria bernama Barr (Joseph Sikora) yang diduga melakukan hal keji tersebut.

Namun setelah diinterogasi, Barr menyerahkan secarik kertas berisi nama Jack Reacher (Tom Cruise). Menurutnya, hanya Jack yang bisa memecahkan teka-teki di balik tragedi penembakan itu.

Bagi penggemar serial kriminal investigasi seperti CSI atau LAW & ORDER film ini mungkin akan memanjakanmu. Dalam 130 menit durasinya, kita akan dibawa pada petualangan Jack dalam menangkap tersangka penembakan. Unfortunately, bagi penonton yang tidak menyukai alur lambat, bisa dipastikan bakal merasa bosan.

In my opinion, justru karena alur yang pelan tapi pasti itulah film ini jadi semakin menarik. Kita seolah dituntun untuk turut mencari jawaban dari 'ada apa', 'siapa' dan 'kenapa' hingga McQuarrie yang juga menulis naskah, memberi klimaks cukup memuaskan. 

Meski begitu film ini memiliki beberapa kelemahan. Sebut saja akting Rosamund Pike yang sangat biasa untuk seorang kuasa hukum. Juga beberapa adegan yang begitu dimudahkan layaknya standar film action 'yang salah harus kalah dan yang benar harus menang'.

Padahal jika mau lebih dieksplorasi, dan tentu saja durasinya dipersingkat, film ini pasti akan lebih menarik minat banyak orang. Terlebih dengan adanya sempalan kejutan serta komedi yang sukses memancing tawa.

(kpl/abs)