INTERNASIONAL

[Review] 'MAMA', Tentang Dia Yang Dipanggil Mama

Jum'at, 15 Februari 2013 13:30  | 

Jessica Chastain


[Review] 'MAMA', Tentang Dia Yang Dipanggil Mama
Foto: Toma 78




KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Jangan tertipu dengan judulnya yang menimbulkan melankoli tersendiri. MAMA arahan Andrés Muschietti ini berkisah tentang dua anak perempuan yang ditemukan di gubuk tua tengah hutan setelah 5 tahun dianggap hilang karena sebuah peristiwa.

Meski tingkah Victoria (Megan Charpentier) dan Lily (Isabelle Nélisse) mirip binatang, sebagai paman, Lucas (Nikolaj Coster-Waldau) teramat senang menemukan bocah yatim piatu itu. Dibantu Annabel (Jessica Chastain), kekasihnya, pria tersebut berusaha dapatkan hak asuh dan merawat mereka.

Namun yang tak Lucas dan Annabel ketahui, ada sosok lain yang menginginkan Victoria dan Lily. Sosok yang dua anak itu panggil dengan sebutan Mama.

MAMA dikembangkan dari film pendek berjudul sama dengan durasi tiga menit sebelas detik namun mampu ciptakan teror sekejap usai menontonnya. Maka tak heran begitu mendengar kabar akan dibuat versi panjang, ekspetasi pun meliar.

Namun lebih baik jangan pasang ekspetasi macam-macam. Walau masih dieksekusi oleh Andrés Muschietti yang berasal dari Spanyol dan tahu benar bentuk source asli, MAMA tampil sangat biasa.

Paruh awal memang mampu menciptakan kekelaman horor secara pelan tapi pasti, dengan pengenalan karakter yang membuat kita peduli. Namun begitu memasuki paruh berikutnya, film yang diproduseri Guillermo Del Toro ini cenderung datar.

Sosok 'Mama' (Javier Botet) yang dihadirkan memang cukup creepy dengan balutan visual efek. Namun intensitas ketegangan dan teror untuk treatment horor cenderung melemah hingga film berakhir.

Masih di tangan Del Toro, tentu saja MAMA tidak seterpuruk DON'T BE AFRAID OF THE DARK (2011), namun tak juga secemerlang THE ORPHANAGE (2007). MAMA berada di tengah-tengah. Masih mampu dinikmati walau tidak spesial.

(kpl/abs)