INTERNASIONAL

[Review] 'PARENTAL GUIDANCE', Indahnya Kehangatan Keluarga

Senin, 07 Januari 2013 21:20  | 

Marisa Tomei


[Review] 'PARENTAL GUIDANCE', Indahnya Kehangatan Keluarga
Foto: 20th Century Fox




KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Artie dan Diane Decker adalah pasangan senja yang hidup sederhana. Suatu hari anak semata wayang mereka, Alice, meminta bantuan untuk menjaga tiga anaknya: Harper, Turner dan Barker, selama dia bepergian dengan sang suami, Phil.

Sayangnya perbedaan pola pandang membuat terjadinya konflik di antara orang tua, anak dan ketiga cucu yang sedang dalam masa pertumbuhan ini.

Well, bentrok budaya antar generasi inilah yang menjadi menu utama besutan terbaru Alan Fickman usai YOU AGAIN (2010) ini. Dan hasilnya sungguh luar biasa. Dengan takaran komedi dan drama yang pas, PARENTAL GUIDANCE bisa dipastikan membuat siapapun akan jatuh cinta pada pandangan pertama.

Fickman berhasil menyajikan drama komedi terbarunya tersebut dengan sangat sederhana. Meski Lisa Addario dan Joe Syracuse selaku penulis naskah memasukan unsur slasptick, tak ada yang terlalu berlebihan. Semua terlihat wajar dan memikat. Kita akan dibuat tertawa terbahak. Dan di saat yang bersamaan juga menangis karena momen biru hadir pada timming yang tepat.

Tak hanya itu, pemilihan pemain pun sangat tepat. Dengan kapasitas akting masing-masing, mereka saling mengisi. Membuat PARENTAL GUIDANCE begitu hidup dan segar.

Ada duet Billy Crystal dan Bette Midler dari generasi 1970 sebagai Artie dan Diane Decker yang tak perlu diragukan lagi peformanya. Lalu ada Marissa Tomei dan Tom Everett Scott sebagai Alice dan Phil Simmons. Serta Bailee Madison, Joshua Rush dan Kyle Harrison Breitkopf yang memerankan tiga anak dengan karakter saling bertolak belakang. 

PARENTAL GUIDANCE sebuah film keluarga yang ringan namun sarat pesan moral. Sayang untuk dilewatkan begitu saja. Terutama pembelajaran tentang menerima kekurangan setiap individu dalam keluarga. Juga pengertian akan cara pikir yang pasti akan bergeser mengikuti waktunya.

(kpl/abs)