INTERNASIONAL

[Review] 'THE CONJURING', Teror Mencekam Rumah Keluarga Perron

Sabtu, 27 Juli 2013 13:11  | 

James Wan


[Review] 'THE CONJURING', Teror Mencekam Rumah Keluarga Perron
Foto: New Line Cinema




KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Pasangan Roger dan Carolyn Perron memboyong kelima anak perempuan mereka tinggal di sebuah rumah pertanian di Harrisville, Rhode Island. Sama seperti resep horor 'rumah berhantu' lainnya, keluarga kecil ini kemudian diganggu oleh penghuni yang tak suka dengan kehadiran mereka.

Saat gangguan tersebut semakin menjadi-jadi, Carolyn yang depresi meminta bantuan pada pasangan paranormal investigator bernama Ed dan Lorraine Warren untuk menghentikan teror tersebut. Berhasilkah gangguan makhluk tak kasat mata itu dihentikan?

THE CONJURING merupakan fitur horor supranatural terbaru besutan James Wan yang sebelumnya sukses dengan SAW dan INSIDIOUS. Kali ini ia mengadaptasi kisah nyata keluarga Perron yang terjadi pada tahun 1970-an.

Sebenarnya, premis yang ditawarkan tidaklah spesial mengingat sudah ratusan judul film dengan label 'rumah berhantu' dibuat oleh Hollywood. Namun, resep meracik hal generik supaya menjadi sajian berbeda itulah yang membuat THE CONJURING berbeda dan sukses membuat bulu kuduk berdiri.

Dengan ritme yang terjaga, teror demo teror berhasil dilaksanakan dengan baik. Chad dan Carey Hayes selaku penulis naskah tampaknya tahu bagaimana membuat film ini tidak keluar dari jalur namun tetap memiliki daya pikat tinggi. Alhasil, hampir dua jam penonton tak pernah dibiarkan untuk duduk dengan tenang mendapati kengerian-kengerian diumbar satu persatu.

Keunikan film ini terdapat pada blunder yang dilakukan James Wan. Tak tanggung-tanggung, selain menggunakan sentuhan horor klasik 70-an dari sisi sinematografi dan artistik, sutradara kelahiran Kuching, Malaysia, ini sukses mencampur adukan elemen dari beberapa film terkenal seperti THE POLTERGEIST, THE AMITYVILLE HOROR, hingga THE EXORCIST. Dan tak bisa disangkal bila hal tersebut sungguh melenakan. Apalagi dengan tata musik eerie dari Joseph Bishara yang bersinergi meningkatkan dosis ketakutan menonton.

Bicara dari segi akting film ini mendapat dukungan dari nama-nama dengan kapasitas mumpuni seperti Lili Taylor, Vera Farmiga hingga aktor kesayangan Wan, Patrick Wilson, yang duet ketiga mereka bisa kita saksikan dalam INSIDIOUS CHAPTER 2 September mendatang. Kita juga akan menemui nama aktris muda seperti Mackenzie Foy dan Joel King yang sepertinya akan bersinar dengan bakat mereka di masa mendatang.

Meski memiliki kekurangan minor yang dengan mudah termaafkan, bisa jadi THE CONJURING akan mengobati rasa rindumu akan horor cerdas dengan paket lengkap. So, jangan sampai terlewatkan. Hati-hati, jangan menonton sendirian! :)

(kpl/abs)