INTERNASIONAL

[Review] 'THE IMPOSSIBLE', Tentang Hati dan Tsunami

Selasa, 08 Januari 2013 16:41  | 

Naomi Watts


[Review] 'THE IMPOSSIBLE', Tentang Hati dan Tsunami
Telecinco Cinema




KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Masih terekam jelas tragedi tsunami memilukan yang mendera ujung Indonesia pada akhir 2004 silam. Namun bencana alam terdahsyat itu tak hanya melanda bumi pertiwi karena beberapa negara di Asia termasuk Thailand juga merasakan kepahitan yang nyaris sama.

THE IMPOSSIBLE memotret tsunami yang meluluh lantakan Thailand. Berbekal dari kisah nyata yang dialami Maria Belon saat berlibur di Thailand, Juan Antonio Bayona berusaha membuat visualisasi menyayat hati dari skenario garapan Sergio G. Sánchez.

Henry (Ewan McGregor) mengajak Maria (Naomi Watts) dan ketiga anaknya berlibur di Thailand. Liburan yang diharap menyenangkan tersebut berubah menjadi mimpi buruk saat suatu pagi tsunami menerjang hotel tempat mereka tinggal. Membuat keluarga kecil ini tercerai berai. Lalu, mampukah mereka bersatu kembali meski kemungkinannya sangat kecil?

Setelah berhasil dengan drama horor bertajuk THE ORPHANAGE, Bayona kembali membesut drama yang benar-benar mendobrak sisi sensitif. Ya, THE IMPOSSIBLE adalah tearjerker yang bisa dipastikan membuat air matamu jatuh tanpa diminta.

Meski beberapa elemen terjadi dengan dramatisasi yang terasa berlebihan, THE IMPOSSIBLE tetaplah film yang memikat. Kita diajak untuk turun merasakan permainan hati karakter yang diperankan dengan sangat brilian oleh McGregor, Watts serta tiga pemain cilik yang mampu menunjukkan peforma terbaik mereka.

Salut untuk tim spesial efek yang benar-benar brilian membuat tragedi tsunami tampak nyata dan begitu memilukan. Óscar Faura di bagian sinematografer, Fernando Velázquez untuk tata musik yang menyayat serta tangan dingin Bayona yang mampu membuai perasaan menjadi biru. Hingga begitu meninggalkan kursi bioskop saya sadar hati ini sudah dibuat menangis karenanya.

(kpl/abs)