INTERNASIONAL

'THE IRON LADY', Si Wanita Besi

Jum'at, 20 Januari 2012 17:13  | 

Meryl Streep


'THE IRON LADY', Si Wanita Besi
© Pathé




KapanLagi.com - Pemain: Meryl Streep, Jim Broadbent, Anthony Head, Richard E Grant

Rating:

3 star3 star

Sinopsis
Awalnya mungkin tak ada yang mengira kalau wanita ini bakal sanggup melanjutkan kepemimpinannya sampai tiga periode. Bukan hanya itu, ia juga termasuk wanita yang paling di segani baik di dalam negeri maupun di luar negerinya. Orang menyebutnya si Wanita Besi. Ia tak keberatan dan akhirnya julukan ini melekat pada dirinya sampai sekarang.

Sebenarnya latar belakang pendidikan wanita yang terlahir tanggal 28 November ini adalah kimia namun belakangan ia mulai aktif dalam bidang politik. Margaret Hilda Thatcher (Meryl Streep) memang seorang wanita yang tegar. Saat ia ditunjuk menjadi Perdana Menteri Inggris pada tahun 1979, tugas yang dibebankan ke pundaknya tidaklah ringan. Margareth harus bisa memulihkan kondisi ekonomi Inggris.

Gelar Wanita Besi sebenarnya sudah ia dapatkan saat ia belum menjabat sebagai Perdana Menteri. Saat itu Margareth Thatcher masih menjadi pemimpin kelompok oposisi. Pidato yang ia kumandangkan di Kensington Town Hall terdengar sampai ke Rusia dan harian Red Star menggelarinya The Iron Lady. Selama kepemimpinannya, Margareth Thatcher sempat dihadapkan pada berbagai masalah termasuk perebutan Kepulauan Falkland tahun 1982.

Review
Rasanya mustahil mencari kekurangan Meryl Streep sebagai seorang aktris. Peraih 2 Oscar ini memang seorang aktris yang susah ditandingi. Bukan hanya cantik namun kemampuan akting pemeran Julia Child dalam film JULIE & JULIA ini memang jauh di atas rata-rata. Sayangnya, itu semua tak berarti tanpa dukungan naskah dan sutradara yang mumpuni.

Ide mengangkat kisah Margaret Thatcher ke layar perak sendiri adalah ide yang sangat menarik. Wanita berjuluk Iron Lady ini memang sosok yang kharismatik. Dan kalaupun ada aktris yang mampu memerankan Perdana Meteri Inggris terlama ini, pastilah hanya Meryl Streep. Secara teknis, Meryl mampu memerankan Thatcher dengan sempurna, termasuk aksen Inggrisnya yang kental.

Celakanya, naskah yang ditulis oleh Abi Morgan seolah kehilangan arah. Akibatnya, Meryl Streep terlihat tak bisa menonjolkan sosok wanita tangguh ini. Thatcher dalam film THE IRON LADY ini terlihat hanya sebagai sebuah fakta, tidak lebih. Phyllida Lloyd, sang sutradara, pun sepertinya tak sanggup menggali kemampuan Meryl Streep sebagai seorang aktris.

Alhasil, THE IRON LADY terasa jadi sebuah film yang menyia-nyiakan bakat Meryl Streep. Secara keseluruhan, film ini memang tak bisa dibilang sebuah karya gemilang, tapi setidaknya kita masih bisa mengagumi kemampuan Meryl Streep dalam berakting.(kpl/roc)

Genre:Drama
Release Date:December 16, 2011
Director:Phyllida Lloyd
Screenplay:Abi Morgan
Producer:Damian Jones
Distributor:Pathé
Runtime:105 minutes
Budget:US$13 million
Official Site:www.theironladymovie.co.uk
Trailer Film THE IRON LADY

Lihat Trailer Lainnya | Film Minggu Ini