HOME » KOREA

5 Makanan Wajib untuk Merayakan Ulang Tahun ala Drakor Favorit

Selasa, 26 Oktober 2021 09:49 Penulis: Wuri Anggarini
5 Makanan Wajib untuk Merayakan Ulang Tahun ala Drakor Favorit (c) Shutterstock

Kapanlagi.com - Scene merayakan ulang tahun mungkin jadi salah satu yang paling sering ditemui saat nonton drama Korea. Misalnya saja dalam REPLY 1988, di mana ulang tahun Deon Sun selalu dirayakan bersamaan dengan sang kakak, Bo Ra, demi pesta ulang tahun yang lebih hemat.

Beberapa drakor terbaru juga nggak melewatkan scene yang satu ini. Sebut saja karakter Hong Du Shik dalam HOMETOWN CHA-CHA-CHA yang ulang tahunnya dirayakan oleh seluruh warga Gongjin. Cerita lain datang dari YUMI’S CELLS, saat Yumi mempersiapkan kejutan ulang tahun untuk Gu Woong yang bahkan lupa dengan ulang tahunnya sendiri.

Merayakan momen ulang tahun ala drakor memang terasa manis dan menyenangkan. Mau merasakan pesta ulang tahun ala drakor juga? Biar vibesnya makin terasa, 5 makanan khas ala Korea ini selalu hadir dalam perayaan ulang tahunmu, KLovers!

Miyeokguk atau Sup Rumput Laut

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Saat lagi nonton drama Korea yang menampilkan scene ulang tahun, hal pertama yang wajib dilakukan oleh mereka yang sedang bertambah usianya adalah menikmati miyeokguk atau sup rumput laut. Di Korea sendiri, makanan ini dikenal sebagai birthday soup alias makanan wajib dalam perayaan ulang tahun.

Sup rumput laut sendiri pada dasarnya adalah makanan sederhana, yaitu jenis sup ringan yang didominasi dengan rumput laut dengan bumbu kecap, bawang putih, dan minyak wijen untuk menciptakan cita rasa kuah yang gurih. Sup ini juga sering diberikan pada ibu yang baru melahirkan karena kaya akan zat besi dan kalsium.

Menikmati sup rumput laut saat ulang tahun di Korea memiliki makna agar setiap orang yang sedang merayakan ulang tahun selalu dapat mengingat dan mengapresiasi sosok ibu yang telah melahirkan mereka ke dunia.

Japchae

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Buat yang sering nonton drakor, mungkin sudah nggak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Japchae biasa jadi makanan yang dihidangkan di momen istimewa, seperti pernikahan dan ulang tahun.

Japchae sendiri adalah sejenis mie ala Korea yang punya tekstur kenyal dan punya cita rasa kaya akan bumbu. Biasanya sayuran seperti wortel, bayam, jamur, hingga potongan daging menjadi pelengkap menu yang satu ini.

Soegogi-muguk (Sup Daging dan Lobak)

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Sup rumput laut memang jadi hidangan wajib yang paling umum saat ulang tahun. Tapi, selain itu masih ada jenis sup lainnya yang juga disajikan saat ulang tahun yaitu soegogi-muguk atau sup daging dan lobak merah. Sup yang biasanya disajikan pada pagi hari ini biasanya berisi daging brisket atau sandung lamur, lobak merah, minyak ikan, dan daun bawang.

Sup yang satu ini punya rasa yang lembut dan comforting banget. Selain dikenal sebagai hidangan ulang tahun, sup ini banyak disajikan saat musim dingin dan sangat disukai anak-anak hingga orang dewasa.

Mujigae-tteok (Kue Beras)

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Tahu nggak kalau ada banyak hidangan kue beras di Korea, nggak hanya sebatas tteokboki saja, lho. Bahkan, ada kue beras yang jadi makanan wajib saat ulang tahun, yaitu mujigae-tteok yang identik dengan penampakannya yang menghadirkan warna pelangi cantik.

Menyajikan mujigae-tteok saat ulang tahun juga menjadi bagian dari tradisi kuno di Korea. Masyarakat Negeri Ginseng percaya kue beras ini dapat mendatangkan banyak keberuntungan jika dimakan bersama dengan banyak orang.

Korean Birthday Cake

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Seiring dengan zaman yang semakin berkembang dan tren kuliner Korea pun banyak bermunculan, sajian ulang tahun pun jadi lebih modern. Salah satu makanan wajib yang banyak muncul di drakor saat scene ulang tahun adalah Korean Birthday Cake yang identik dengan bentuk estetik dari dekorasi icing yang digunakan. Kue ini juga yang sering jadi andalan saat menyiapkan kejutan untuk orang tersayang ala drama Korea.

Itu tadi beberapa makanan yang wajib ada di rumah jika ingin menikmati perayaan ulang tahun ala drakor yang sering ditonton. Gimana, sudah mulai ngiler ingin mencoba? Untungnya sekarang menikmati sajian ala Korea nggak perlu repot lagi. Tinggal pre order saja di ManisdanSedap.com!

Ini dia platform yang membantu para pecinta kuliner dalam melakukan pre order makanan favorit mereka dari berbagai kota di Indonesia. ManisdanSedap.com merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com.

ManisdanSedap.com mendukung para pelaku UMKM karena berperan sebagai 'etalase' online dari produk yang mereka jual. Di dalamnya juga dilengkapi dengan tombol pemesanan yang langsung terhubung ke nomor WhatsApp seller. Jadi, kamu bisa berinteraksi langsung dengan seller dan transaksi pun berlangsung di luar platform. Tinggal tunggu aja makanannya dikirim di rumah.

#AyoPO di ManisdanSedap.com sekarang untuk menemukan rekomendasi menu Korea atau makanan favoritmu lainnya.  Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini


REKOMENDASI
TRENDING