HOME » KOREA
KOREA

6 Rekomendasi Anime Romantis Sad Ending, Bisa Bikin Sedih sampai Menguras Air Mata

Jum'at, 05 Agustus 2022 11:33

Rekomendasi Anime Romantis Sad Ending (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Cerita romantis dalam film atau series tak selamanya berakhir indah dan manis. Sering kali, cerita yang berjalan romantis justru berakhir sedih bahkan tragis. Tak saja dalam film atau series live action, dalam anime pun juga sering kali demikian. Ada beberapa rekomendasi anime romantis sad ending yang punya akhir tragis dan bikin nyesek.

Anime romantis sad ending tak kalah menyedihkan jika dibanding film sedih yang diperankan aktor dan aktris sungguhan. Saat menonton anime romantis sad ending, bisa bikin hati dan perasaan seperti tercabik-cabik. Beberapa rekomendasi anime romantis sad ending bahkan diketahui bisa menguras air mata. Penasaran, anime apa sajakah itu?

Untuk mengetahuinya, langsung saja daftar dan ulasan singkat rekomendasi anime romantis sad ending berikut ini.

1. 5 CENTI METERS PER SECOND

Rekomendasi anime romantis sad ending yang pertama berjudul 5 CENTI METERS PER SECOND. Anime ini sudah cukup populer di kalangan penonton anime lantaran punya cerita romansa yang mengharukan. 5 CENTIMETERS PER SECOND bercerita tentang hubungan romansa yang terjalin antara sepasang kekasih, yaitu Tono Takaki dan Shinohara Akari. 

Hubungan mereka sudah terjalin cukup lama. Namun, semakin hari terus merenggang seiring pertambahan usia keduanya. Hingga suatu ketika, kelangsungan hubungan mereka kian terancam lantaran Akari harus ikut orangtuanya pindah ke luar kota. Setelah pindah, mereka masih berusaha menjaga hubungan dengan saling kirim surat. Sayangnya, jarak dan kesibukan ternyata jadi kendala yang begitu berarti.

2. I WANT TO EAT YOUR PANCREAS

Di daftar rekomendasi anime romantis sad ending yang kedua, ada anime berjudul I WANT TO EAT YOUR PANCREAS. Ya, beda jauh dengan judulnya yang terkesan menyeramkan, anime ini nyatanya punya cerita yang sangat sedih. Anime I WANT TO EAT YOUR PANCREAS mengisahkan tentang kehidupan seorang anak bernama Haruki Shiga yang semula cukup antisosial.

Suatu ketika, Haruki yang hidupnya terasa sepi karena merasa diabaikan oleh orang-orang di sekitarnya, menemukan sebuah buku diary. Setelah dicek, ternyata buku diary itu merupakan kepunyaan seorang diabaikan oleh orang-orang di sekitarnya. Dalam buku diary itu tertulis, bahwa anak perempuan bernama Sakura itu ternyata mengidap penyakit pankreas mematikan. 

Selama ini, Sakura menyembunyikan penyakit itu dari siapapun. Haruki merasa tergerak. Sejak saat itu, Haruki berubah. Dari yang semula cuek, dia berusaha ramah untuk bisa mendekati dan memberikan perhatian pada Sakura.

3. YOUR LIE IN APRIL

Untuk kalian penyuka anime dengan tema musik, YOUR LIE IN APRIL bisa jadi rekomendasi anime romantis sad ending yang cocok. Pasalnya, anime ini menceritakan tentang kehidupan yang pilu dari seorang pianis bernama Kousei Arima. Dikisahkan di anime ini, Kousei Arima mengalami sebuah trauma setelah sang ibu meninggal, sehingga membuatnya ingin berhenti bermain piano.

Sampai suatu ketika, Kousei Arima berjumpa dengan seorang pria pemain biola bernama Kaori Miyazono. Sejak lama Kaori Miyazono sudah memendam keinginan untuk bisa bermain musik bersama Kousei Arima. Setelah dibujuk, Kousei Arima akhirnya kembali mau bermain piano. Keduanya yang sama-sama cinta musik pun juga semakin bertambah dekat.

Sayangnya, saat Kousei mulai membuka hatinya, terungkap fakta bahwa ternyata Kaori menderita sebuah penyakit mematikan. Alhasil, Kousei harus bersiap untuk mengalami kehilangan orang yang dia sayangi untuk kedua kalinya. 

4. PLASTIC MEMORIES

Rekomendasi anime romantis sad ending yang keempat yaitu PLASTIC MEMORIES. Anime romantis yang satu ini mempunyai cerita yang unik. Pasalnya, PLASTIC MEMORIES menggunakan latar belakang penceritaan waktu yang sangat futuristik di mana teknologi di dunia telah maju secara pesat. Selain itu, anime romantis ini juga menceritakan kisah kasih antara manusia dengan robot. 

Pada suatu era di masa depan, telah diciptakan sebuah robot yang mendekati manusia. Robot itu bernama Grifitia. Robot ini diciptakan untuk dijadikan teman oleh siapapun yang merasa kesepian. Suatu ketika seorang anak laki-laki bernama Mizugaki Tsukasa bertemu dengan Grifitia bernama Isla. Mizugaki Tsukasa dan Isla kemudian menjalin hubungan persahabatan. Namun lantaran cocok, keduanya terlibat dalam hubungan romansa.

Masalah muncul lantaran ternyata Grifitia tetap mempunyai satu kelemahan. Kelemahan itu adalah usianya yang terbatas yaitu 81.820 jam atau sekitar 9 tahun 4 bulan saja. Padahal, rasa cinta mereka berdua sudah sebegitu dalamnya.

5. SILENT VOICE

SILENT VOICE tentu jadi satu judul anime yang juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Anime ini punya cerita yang tak kalah sedih dibandingkan empat judul rekomendasi anime romantis sad ending yang telah disebutkan sebelumnya. SILENT VOICE bercerita tentang Shouko Nishmiya seorang gadis tuli yang jadi korban bullying sekolah. Pelaku bullying itu salah satunya adalah Shouya Ishida.

Suatu ketika, Shouko pindah ke sekolah lain. Setelahnya, gantian Shouya yang menjadi korban bullying di sekolah. Sejak saat itu, Shouya memahami perasaan Shouko yang selama ini dia perlakukan buruk. Saat masuk SMA, ternyata mereka berdua berada di sekolah yang sama. Shouya yang masih dihantui perasaan bersalah lantas memperlakukan Shouko sebaik mungkin. Hal itu dia lakukan untuk menebus kesalahannya di masa lalu.

6. HOTARUBI NO MORI E

Rekomendasi anime romantis sad ending yang keenam sekaligus terakhir adalah HOTARUBI NO MORI E. Anime ini punya cerita yang sedih sekaligus menyentuh, dijamin kalian yang menonton bakalan meneteskan air mata. HOTARUBI NO MORI E berkisah tentang hubungan asmara yang tidak bisa bersatu antara seorang manusia dengan roh hutan.

Kisah HOTARUBI NO MORI E berawal saat Hotaru Takegawa tersesat di hutan. Saat itu, dia masih berusia 6 tahun. Beruntung, Hotaru diselamatkan oleh Gin yang merupakan seorang roh hutan. Gin yang menuntun Hotaru keluar dari hutan. Saat itu, Gin sebenarnya berpesan agar Hotaru tak lagi ke hutan. Namun sebaliknya, Hotaru justru terus mencari keberadaan Gin.

Sampai akhirnya mereka terjebak dalam perasan masing-masing. Sayangnya, perasaan mereka tak bisa bersatu lantaran perbedaan dimensi. Jangankan bersatu, sebagai roh hutan, Gin juga tak pernah bisa bersentuhan secara fisik dengan Hotaru.

Itulah beberapa rekomendasi anime romantis sad ending. Selamat menonton!

REKOMENDASI
TRENDING