FILM INDONESIA

Joko Anwar Bicara Soal Kemungkinan Adanya 'PENGABDI SETAN 3', Namun Dengan Satu Syarat Ini

Sabtu, 06 Agustus 2022 11:02

Film PENGABDI SETAN 3 sudah mulai dibuat? © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Sutradara Joko Anwar berbicara tentang kemungkinan adanya film PENGABDI SETAN 3. Ia mengatakan sudah mempersiapkan beberapa cerita untuk masuk dalam film Pengabdi Setan 3.

"Jadi di script ada beberapa yang gue tandain, yang gue tandain itu ada kelanjutannya di film berikutnya," ujar Joko Anwar saat ditemui di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (2/8).

1. Dengan Catatan Harus Sukses

Namun Joko Anwar menegaskan film Pengabdi Setan 3 tersebut akan dibuat dengan syarat film Pengabdi Setan 2: Communion yang akan tayang pada 4 Agustus 2022 itu harus sukses. Bukan soal jumlah penonton lantas apa yang dimaksud sukses menurut Joko Anwar?

"Jadi kita akan bikin kelanjutannya, dengan catatan filmnya harus sukses dulu. Sukses artinya apa, apakah sukses komersil? Nggak, sukses komersil tidak pernah menunjukan bahwa film itu sukses," katanya.

2. Sukses Bukan Hanya Angka

Lebih lanjut Joko Anwar menjelaskan tolak ukur kesuksesan sebuah film bukan hanya sekedar angka atau jumlah penonton yang banyak. Menurutnya sebuah film dibilang sukses jika penonton ingin mengetahui kelanjutan cerita filmnya dan cinta dengan karakter-karakter yang ada di film tersebut.

"Sukses film itu seperti penonton yang menonton ingin mengetahui kelanjutannya. Jadi bukan cuma angka, tapi juga orang harus cinta kepada para karakternya," jelas Joko Anwar.

"Jadi apakah ada Pengabdi Setan ketiga, kita lihat penonton apakah cinta atau nggak sama karakter-karakter yang ada di karakter Pengabdi Setan kedua," lanjutnya.

3. Peduli dengan Karakter

Joko Anwar pun berbicara tentang rahasianya ketika membuat sebuah film horor khususnya Pengabdi Setan. Ia selalu berusaha agar penonton peduli dengan semua karakter-karakter yang ada di filmnya.

"Rahasia membuat film menakutkan itu membuat penonton peduli dengan karakternya. Kita mungkin akan kaget jumpscare (nonton film horor) tapi hanya akan berakhir tiga detik. Yang saya lakukan adalah penonton peduli sama karakternya lewat penulisan skenario dan memberikan karakter itu pada pemain yang skill full dan talented. Saya bersyukur karena mereka lah yang menghidupkan film ini," pungkasnya.

PENGABDI SETAN 2: COMMUNION mulai tayang di bioskop seluruh Indonesia mulai 4 Agustus 2022. Film ini dibintangi oleh Tara Basro, Ayu Laksmi, Bront Palarae, Endy Arfian, Ratu Felisha dan masih banyak lagi.

REKOMENDASI
TRENDING