FILM INDONESIA

Sederet Fakta Film 'PENGABDI SETAN 2: COMMUNION', Lebih Ngeri dari yang Pertama - Rumah Susun Sudah 15 Tahun Tak Berpenghuni

Selasa, 02 Agustus 2022 12:20 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Sederet Fakta Film 'PENGABDI SETAN 2' © Rapi Films

Kapanlagi.com - Film horor tidak hanya punya penggemar yang militan tapi juga kerap bikin penonton lain penasaran. Salah satu yang cukup fenomenal adalah PENGABDI SETAN karya Joko Anwar. Sukses dengan film pertama, Joko membuat PENGABDI SETAN: COMMUNION 2.

Beberapa waktu lalu, trailer resmi dari film tersebut sudah dirilis dan berhasil bikin penonton merinding. Apalagi saat diketahui lokasi syuting PENGABDI SETAN: COMMUNION 2 dilakukan di sebuah gedung penuh misteri. Apa lagi fakta-fakta tentang film ini? Yuk simak selengkapnya!

1. Diam-Diam Syuting Sejak 2020

PENGABDI SETAN 2: COMMUNION dirilis lima tahun setelah film pertama sukses mengumpulkan 4,2 juta penonton selama peredaran. Menariknya meski baru akan ditayangkan 4 Agustus mendatang, namun proses syuting sudah dilakukan dari tahun 2020.

"Film syuting tahun 2020, pasca produksi hampir dua tahun. Jarak dari film pertama memang cukup lama, kalau tidak ada pandemi tetap kita rencanakan tidak rilis langsung setelah film pertama selesai dilaksanakan. Karena kami ingin mempersiapkan sebuah film lanjutan yang terencana dan bisa memuaskan para penonton film Indonesia," terang Joko Anwar ditemui di Epicentrum XXI, kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan pada Juni 2022 lalu.

2. Misteri Rumah Susun yang Jadi Lokasi Syuting

Joko mengaku sempat kesulitan mencari lokasi syuting PENGABDI SETAN 2: COMMUNION. Ia pun akhirnya dibantu followers menemukan rumah susun yang pas. Yang menarik, rusun tersebut sudah 15 tahun tak berpenghuni.

"Lokasi rusun itu di Jakarta, tempatnya akan kita tutupi dulu sampai filmnya rilis. Rusun itu sudah kosong selama 15 tahun, sebelum syuting sempat nanya apakah mungkin kita pakai, ternyata sangat memungkinkan," jelas Joko.

Sebelum dimulainya proses syuting, pihak rusun meminta agar beberapa kamar di lantai tujuh tidak digunakan. Ketika ada yang secara sengaja masuk ke sana, sesuatu tak diinginkan pun terjadi.

"Ada beberapa tempat yang kata penjaganya jangan dimasukin di lantai tujuh. Karena itu terlarang, jadi kita nggak masuk. Pernah ada yang masuk dan sesuatu yang tidak kita inginkan terjadi. Tapi tidak perlu kita ceritakan biar nggak sensasional," tandas Joko Anwar.

3. Gunakan Teknologi IMAX

Beberapa hari jelang perilisan, Joko Anwar selaku sutradara PENGABDI SETAN 2: COMMUNION membuat pengumuman mengejutkan. Film horor terbarunya itu akan edar di bioskop dalam dua format yakni reguler dan IMAX.

Untuk penayangan di IMAX rupanya mencatatkan sejarah baru di industri perfilman. Karena PENGABDI SETAN 2: COMMUNION menjadi judul Indonesia pertama yang alami proses Digital Media Remastering menggunakan teknologi IMAX.

4. Hadirkan Berbagai Jenis Hantu dan Teror Berbeda

Film ini disebut menyajikan berbagai jenis hantu baik dari lokal maupun dari luar negeri. Menurut kanal Youtube Cine Crib, nuansa kearifan lokal masih tetap terjaga. Cine Crib bahkan menyebut hantu dan ketegangan dalam PENGABDI SETAN 2: COMMUNION bak rumah makan Padang.

"Kalau gue bisa bilang, ini tuh kayak lu masuk ke rumah makan Padang. Silahkan tinggal pilih mau makan yang mana," terang mereka.

5. Diklaim Lebih Ngeri Dibandingkan PENGABDI SETAN pertama

Masih bisa diingat PENGABDI SETAN yang pertama sudah sukses membuat bulu kuduk penonton berdiri. Kini, film kedua diklaim bakal lebih seram. Hal itu diungkap oleh akun Instagram @Cinema.XXI.

Hal itu tak dipungkiri oleh sejumlah orang yang mendapat kses untuk nonton PENGABDI SETAN 2 duluan. Hampir semuanya menyebut jika film yang dibintangi oleh Tara Basro ini sangat-sangat mengerikan, bahkan jauh lebih serem dari versi pendahulunya.

REKOMENDASI
TRENDING