KOREA

8 Lagu Hits yang Ditulis B.I untuk Penyanyi Lain

Jum'at, 14 Juni 2019 18:31 Penulis: Kistin Septiyani

Kim Hanbin ©H:CONNECT

Kapanlagi.com - Kabar hengkangnya Kim Hanbin alias B.I dari iKON memang membuat banyak penggemar terpukul. Keputusannya untuk meninggalkan agensi dan grupnya usai terlibat dalam skandal penggunaan narkoba kini juga masih sangat ramai diperbincangkan.

B.I dikenal sebagai seorang komposer muda berbakat di YG entertainment. Love Scenario adalah salah satu lagu ciptaannya yang laku keras di pasaran. Selain menulis untuk grupnya sendiri, B.I ternyata juga menulis lagu untuk beberapa artis lain loh. Mengutip Koreaboo, pada Jumat (14/6/2019), berikut ini adalah 8 lagu hits yang ditulis B.I untuk artis lain.

1. 'Empty' (WINNER)

Lagu yang dirilis pada tahun 2014 ini menjadi salah satu lagu debut WINNER kala itu. Lirik lagu ini ditulis oleh B.I bersama dengan Mino WINNER, dan Bobby iKON. Ia juga terlibat dalam penggarapan musiknya bersama dengan P.K.

Lagu ini ditulis B.I bahkan sebelum ia debut bersama dengan grup iKON. Lagu ini masuk ke dalam album pertama WINNER yang berjudul 2014 S/S.

2. 'Born Hater' (Epick High)

Leader iKON ini menjadi penulis lirik utama dalam lagu yang dirilis tahun 2014 ini. Ia menulis lirik lagu Born Haterbersama dengan Tablo, Mithra, Lim Sungbin, Kim Jintae, Mino, dan Bobby.

Tak hanya itu, ia juga menjadi komposer utama lagu ini bersama dengan DJ Tukutz. Lagu ini sering kali menjadi salah satu lagu yang dicover terutama dalam program survival.

3. 'Whistle' (BLACKPINK)

Untuk lagu BLACKPINK yang satu ini B.I menjadi penulis utama liriknya. Ia menulis lirik Whistle bersama dengan Teddy dan Bekuh BOOM.

Lagu Whistle ini menjadi lagu yang cukup hits loh. Lagu ini berhasil mengantarkan BLACKPINK memenangkan banyak penghargaan acara musik. Bahkan lagu ini berhasil menduduki peringkat 2 Billboard untuk tangga lagu digital dunia.

4. 'Last Scene' (PSY)

Keahlian B.I dalam menciptakan lagu dan nampaknya memang cukup di akui di YG Entertainment. Ia bahkan menulis lirik dan mengkomposeri beberapa lagu untuk seniornya.

Salah satunya adalah PSY. B.I menuliskan beberapa lirik dan memproduseri beberapa lagu PSY pada 2017 lalu. Salah satunya adalah lagu berjudul Las Scene.

5. 'Bomb' (PSY)

Satu lagi lagu yang diciptakan B.I untuk PSY. Lagu berjudul Bomb ini juga dirilis pada tahun 2017. Dalam lagu ini, ia bekerja sama dengan J.Y. Park, PSY, dan juga Bobby.

Dalam lagu ini, B.I dan Bobby juga turut bernyanyi. Lagu ini masih ada dalam album yang sama dengan Last Scene.

6. Autoreverse (PSY)

Bersama dengan PSY dan Tablo, B.I menulis lagu ini. Lagu ini terdapat dalam album PSY tahun 2017 yang berjudul 4x2=8.

Album milik PSY ini menjadi album terakhirnya sebelum ia keluar YG Entertainemnt dan mendirikan P Nation.

7. No One (Lee Hi)

Lagu yang dirilis pada Akhir bulan Mei lalu ini merupakan ciptaan B.I. No One menjadi lagu comeback Lee Hi setelah hampir 3,5 tahun hiatus. B.I juga turut bernyanyi dalam lagu ini.

Tak hanya itu, kabarnya, B.I juga memberikan dukungan penuh pada Lee Hi. Ia bahkan menemani soloist cantik ini selama rekaman di studio.

8. 1,2 (Lee Hi)

No One bukanlah satu-satunya lagu yang diciptakan B.I untuk Lee Hi. Ia juga menulis lirik untuk lagu 1,2 yang terdapat dalam album comeback penyanyi cantik ini.

Ia menulis lirik untuk lagu ini bersama dengan Choi Hyun Suk TREASURE. Ia juga menjadi komposer untuk lagu ini bersama dengan Kang Uk Jin.


REKOMENDASI
TRENDING