KOREA

EXO Sudah 8 Tahun Berkarir Tapi Masih di Puncak Popularitas Hingga Bikin Netizen Heran, Inikah Rahasianya?

Senin, 13 April 2020 07:50

EXO (credit: Lotte Duty Free)

Kapanlagi.com - Roda selalu berputar. Tak selamanya yang di atas akan selalu di puncak. Begitu juga dengan popularitas. Ada kalanya seorang selebriti bisa populer banget, tapi bisa jadi dua atau tiga tahun kemudian mereka malah menghilang bagai ditelan bumi.

Kali ini kita akan membahas tentang salah satu grup K-Pop populer EXO. Kebetulan saja tanggal 8 April kemarin mereka merayakan anniversary yang kedelapan setelah debut pada 2012 lalu. Fans EXO membuat trending di Twitter, memasang iklan, melakukan donasi atas nama sang idola untuk merayakannya. Fans di Korea ramai-ramai streaming lagu EXO di platform Melon hingga puluhan single mereka masuk top 100 lagi, termasuk yang lama-lama.

Melihat ini bikin netizens heran hingga ada yang membuat postingan di forum dengan judul: 'Kenapa popularitas EXO nggak turun?'. EXO memang mengalami masa kejayaan pada tahun 2013 - 2015 di mana mereka seakan menguasai jagad K-Pop pada kala itu.Sekarang bisa dibilang EXO memang nggak se-hits dulu tapi popularitas mereka masih bisa dibilang yang terbaik bersama dengan BTS.

Di sinilah yang bikin heran, karena biasanya grup K-Pop akan menurun popularitasnya setelah dua atau tiga tahun jadi tren. Yang lebih unik lagi, EXO pernah kehilangan tiga member. Dua member terpopuler di Korea, Baekhyun dan Kai, pernah ketahuan pacaran which is bisa dibilang 'tabu' bagi seorang idola K-Pop go public dengan hubungan asmara mereka, bahkan Chen sudah menikah dan punya anak. Lay tengah vakum dan dua orang (Xiumin dan D.O.) menjalani wajib militer. Tapi semua itu seakan tidak berpengaruh, EXO masih bertahan dan populer. Bahkan album solo tiap member atau subunit tetap laris manis dan diterima oleh publik lagu-lagunya.

Lalu, ada apa sebenarnya dengan EXO? Ini beberapa opini yang bisa jadi alasan kenapa sampai sekarang EXO masih bertahan dengan kepopulerannya.

 

 

 

 

1. Fan Love

Fan love adalah istilah yang diberikan untuk perhatian idola kepada para penggemarnya. EXO dinilai banyak orang selalu memperlakukan fansnya dengan sangat baik dan selalu tahu apa yang diinginkan oleh EXO-L. Intinya, bond atau hubungan antara EXO dan fans sangat kuat.

Contohnya, Suho pernah bilang, 'Oppa tahu semuanya.' Meski nggak terang-terangan mengaku punya akun di Twitter, Suho bilang dia tahu apa yang diinginkan oleh fans di medsos tersebut. Sang leader juga pernah bilang di salah satu konser EXO, fans yang datang untuk menceritakan apa yang dikatakannya agar penggemar di seluruh dunia yang tak bisa hadir bisa tahu juga.

Baekhyun juga tiba-tiba sering muncul di Twitter dan menyapa. Contohnya pada saat fans merayakan anniversary EXO, dia membuat cuitan dan bilang kalau EXO-L juga merupakan 'masa mudanya'. EXO-L memang sering bilang 'EXO is my youth'.

Kai juga sering mengajak fans ngobrol via live di Instagram. Fans juga bahagia karena merasa dipercaya Kai saat sang idola berbagi foto-foto keponakan yang disayanginya. Ini bagi mereka penting karena banyak artis Korea yang tak mau keluarganya diekspose.

Fans EXO juga sering kecewa dan protes pada agensi SM Entertainment karena kurangnya konten untuk fangirling. EXO sudah pasti tahu soal ini. Makanya mereka berusaha membuat bahagia fans dengan variety show, bikin channel Youtube, hingga aktif di medsos. Bahkan Lay yang sudah jarang beraktivitas dengan EXO juga terlihat sering menyukai postingan para membernya. Gitu aja udah bikin EXO-L happy.

2. No Visual Holes

Buat yang nggak paham no visual holes artinya nggak ada yang jelek. Selain berbakat, EXO memang dari awal debut diakui para membernya ganteng-ganteng semua. Tiap member dianggap punya pesona yang berbeda-beda. Bahkan jika mereka duduk sebelahan ada istilah: 'cowok ganteng duduk di sebelah cowok ganteng yang duduk di sebelah cowok ganteng'.

Bukan cuma itu saja, EXO juga dianggap bisa merawat diri dengan baik. Selama delapan tahun berkarir, mereka dianggap seakan nggak berubah dan tak bisa tua. Suho dan Xiumin yang sudah kepala tiga disebut masih pantas jika disebut berusia awal 20-an.

3. Persahabatan Antar Member EXO

Tak bisa dipungkiri, di balik gemerlapnya bintang K-Pop, ada sisi bisnis yang penting. Yap, mereka dibentuk untuk menarik penggemar. Fans akan membeli produk tentang idola yang tentunya keuntungan akan dibagi antara agensi dan artis bersangkutan. Intinya banyak artis K-Pop memang tujuannya jadi idola bukan cuma karena passion, tapi juga uang.

Netizen lagi-lagi merasa kagum dengan EXO. Ada yang bilang ketika grup K-Pop berusia tujuh tahun, hubungan sesungguhnya antara member akan kelihatan, apakah mereka memang bersahabat atau cuma bersatu karena bisnis belaka. EXO masih kompak bahkan ketika Suho debut solo, member lain nggak hanya mengucapkan selamat di Instagram tapi juga datang saat sang leader tampil di acara SBS Inkigayo.

Bukan itu saja, banyak yang bercanda kalau member EXO lah yang membesarkan maknae mereka, Sehun. Sebagai yang paling muda, para member yang lebih tua memang melihat Sehun tumbuh dari SMP hingga jadi gentleman seperti sekarang.

Melihat kebersamaan member EXO inilah yang membuat fans selalu bahagia.

4. Konsep dan Kualitas Album Bagus Banget

Selain ganteng dan bakat, pastinya punya lagu keren nan enak didengar juga penting bagi seorang bintang K-Pop. Karena lagu juga membuat publik yang bukan fans bisa suka juga. EXO dinilai punya konsep dan kualitas album luar biasa.

Kita bicara konsep dulu. Sejak debut, mereka membuat banyak orang penasaran dengan konsep ala alien dari planet lain yang datang ke bumi untuk menyelamatkan semesta. Tiap member diceritakan punya kekuatan yang berbeda-beda. Konsep EXO ini masih sering dipakai sampai sekarang, contohnya di video konser.

Bukan itu saja di tiap album, EXO selalu punya konsep beda. Di Growl mereka jadi anak sekolah. Call Me Baby menggunakan konsep pathcode, di mana fans diajak memecahkan misteri di teaser. Konsep lainnya adalah jadi monster, geng motor, hingga melawan kloningan sendiri.

Kualitas lagunya juga selalu terjadi. Lagu andalan punya genre yang beda, tapi mampu dibawakan dengan bagus. Side B EXO juga selama ini dikenal selalu bagus-bagus dan enak didengar.

Terakhir adalah desain album, baik grup maupun album solo tiap member selalu menarik. Ada yang berbentuk buku tahunan sekolah, seperti makalah, komik, dan sebagainya.

Desain logo EXO di tiap comeback juga selalu ditunggu karena unik dan out of the box. Seperti dari bunga, es batu, bendera, hingga speedometer yang semuanya tiba-tiba bisa membentuk huruf EXO.

5. Punya Banyak Hardcore Fans

Penggemar bisa datang dan pergi. Ada yang suka terus, ada yang ganti dan pindah ke grup yang lebih muda. Fans EXO pastinya ada yang begitu, tapi yang bertahan juga jauh lebih banyak.

EXO dipercaya punya banyak fans berat yang bertahan dari mereka debut sampai sekarang. Mereka rela membeli album EXO dalam jumlah puluhan hingga menjaga nama baik sang idola. 

6. Selalu Punya Fans Baru

EXO disebut masih menarik banyak orang untuk masuk ke fandom mereka sampai sekarang. Ada yang tertarik dengan mereka setelah melihat D.O. di drama atau film. Ada yang tertarik setelah melihat Kai nge-dance atau nggak sengaja mendengar lagu mereka. Ada salah satu netizen yang mengaku baru saja jadi fans EXO sejak empat puluh hari yang lalu. 

Apa ada EXO-L di sini? Kalau iya, apa yang membuat kalian suka dengan EXO? 


REKOMENDASI
TRENDING