KOREA

Punya Program Beasiswa, Ini Fakta Perjalanan Karir Lay EXO yang Sukses Bersolo Karir dan Dirikan Agensi Sendiri

Kamis, 23 September 2021 14:22

Lay EXO (credit: Instagram.com/layzhang/)

Kapanlagi.com - Zhang Yixing atau Lay masih anggota tetap dari EXO. Meskipun ia banyak beraktivitas di China, namun Lay juga masih berpartisipasi di sejumlah project EXO seperti album Don't Fight The Feeling yang rilis bulan Juni 2021.

Lay EXO adalah salah satu idol K-Pop asal China. Ia memulai karir di industri K-Pop lewat agensi SM Entertainment yang debut melalui boy group EXO di tahun 2012. Namun beberapa tahun belakangan ini karena masalah politik antara China dan Korea, Lay harus rela hiatus sementara dari EXO.

Lay memutuskan bersolo karir di negaranya yakni China. Karir Lay semakin mencapai popularitas luar biasa bahkan di kancah Internasional. Selain aktif di bidang musik, Lay mulai melebarkan sayapnya dengan mendirikan agensi sendiri bernama Chromosome Entertainment.

Meski sudah sukses bersolo karir bahkan punya agensi sendiri, Lay tetaplah bagian dari EXO begitu pula sebaliknya. Kecintaan Lay terhadap EXO memang begitu kuat, meskipun ia sempat mendapat kabar miring soal kesetiaannya kepada boy group yang telah membesarkan namanya itu. Lalu bagaimana perjalanan karir Lay EXO?

Selengkapnya tentang perjalanan karir Lay EXO dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut perjalanan karir Lay EXO yang bikin kagum telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Bintang Cilik yang Berbakat

Perjalanan karir Lay di industri hiburan ternyata sudah dimulai sejak usianya masih belia yakni saat masih 6 tahun. Lay bahkan kerap muncul di sejumlah acara televisi di China sebagai bintang cilik.

Lebih membanggakan lagi, ketika masih kecil Lay pernah mendapatkan juara ketiga di Star Academy tahun 2005 yakni sebuah program televisi di China. Melansir dari koreaboo, Lay memang sangat berbakat dalam bidang musik baik menyanyi, menari bahkan akting. Karena bakat inilah yang mengantarkan Lay sukses sebagai seorang idol.

2. Casting di Agensi SM Entertainment

Pertemuan Lay dengan agensi SM Entertainment bermula saat usianya masih 16 tahun. Pada saat itu Lay ikut berpartisipasi mengikuti audisi. Akhirnya di tahun 2008, Lay terbang ke Korea untuk mengikuti pelatihan. Ketika masih menjadi idol trainee, Lay sebenarnya sudah pernah muncul pada saat konser SHINee di tahun 2011 silam.

Ya, melansir dari koreaboo, Lay pernah jadi anggota dadakan untuk menggantikan Jonghyun SHINee yang cedera pada saat konser. Alhasil Lay ikut perform bersama member SHINee ketika dirinya belum debut bersama EXO.

3. Debut Bersama EXO

Jadi trainee di agensi selama beberapa waktu, penantian Lay akhirnya terbayarkan saat berhasil debut bersama EXO di tahun 2012. Ketika itu Lay tergabung bersama member EXO sub unit EXO-M. Dimana dulunya boy group EXO sebenarnya memiliki dua sub unit. Di antaranya yakni EXO-K dan EXO-M (membawakan musik dalam bahasa mandarin).

Namun beberapa tahun setelah debut, tiga member EXO yang berasal dari China memutuskan keluar. Akhirnya Lay menjadi satu-satunya member asal China yang masih bertahan. Meski begitu, Lay justru mencapai masa kesuksesan karir yang membanggakan.

4. Hiatus dari EXO

Lay sempat mengalami masa sulit ketika dirinya harus rela hiatus sementara dari EXO. Ya, sejumlah sumber menyebutkan bahwa tidak aktifnya Lay di boy group yang digawangi oleh Suho dan kawan-kawan ini karena masalah politik antara Korea dan China.

Kondisi ini memang membuat penggemar merasa sedih. Sebab EXO harus tampil tanpa Lay di setiap perilisan album ataupun aktivitas lainnya. Meski begitu, Lay seringkali mengatakan bahwa dirinya tetap bagian dari EXO. Di sejumlah kesempatan, Lay juga sempat terlihat begitu care terhadap member EXO. Seperti saat D.O akan wamil, Lay ikut mengantarkannya dan mengunjungi Korea Selatan.

Kesetiaan Lay terhadap EXO memang terbukti hingga sekarang dirinya masih anggota tetap boy group EXO. Apalagi di pertengahan tahun ini, Lay ikut berpartisipasi di album terbaru yakni Don't Fight The Feeling. Adanya Lay di album tersebut setidaknya dapat mengobati rasa rindu penggemar yang sudah lama ingin melihat kebersamaan Lay dengan member lain.

5. Sukses Bersolo Karir

Lay akhirnya lebih sering bersolo karir di negaranya baik berkarya di bidang musik, akting, iklan ataupun bintang tamu program televisi. Di antara beberapa aktivitas solo Lay di negaranya seperti pemain film Ex-Files 2: The Backup Striker Back, merilis lagu berjudul Alone (One Person) yang juga jadi OST film tersebut, serta duet lagu Happy Youth yang mencetak prestasi membanggakan bahkan masuk Billboard V chart.

Sementara di tahun 2020 lalu Lay merilis album solo LIT yang sukses meraih berbagai penghargaan membanggakan. Bahkan dikabarkan karya tersebut sejak perilisan yang pertama berhasil mendapatkan penjualan album hingga 40 juta yuan. Karya tersebut juga menduduki puncak chart musik di berbagai negara dunia. Tahun ini Lay juga akan kembali merilis album berjudul Producer.

6. Menerbitkan Buku Sendiri

Tak hanya berkarya di bidang musik ataupun akting, Lay juga menerbitkan buku autobiografi sendiri. Buku karya Lay tersebut berjudul Standing Firm at 24 yang mencetak prestasi luar biasa. Dimana buku tersebut berhasil terjual dalam waktu sangat singkat sebanyak 50 eksemplar per detik dalam 24 menit pertama secara online. Selain itu, Lay juga masuk dalam peringkat ke-4 daftar penulis selebriti Tiongkok serta memenangkan penjualan buku selebriti tahun edisi 2015. Berbakat banget bukan KLovers?

7. Dirikan Agensi Sendiri

Lay EXO juga dikabarkan telah mendirikan agensi sendiri bernama Chromosome Entertainment. Agensi tersebut akan menerima trainee idol yang akan dilatih sendiri oleh Lay. Kabar ini langsung mendapatkan respon pro dan kontra dari penggemar. Namun banyak juga yang memberikan dukungan untuk Lay.

Salah satunya, Lay mendapatkan support dan ucapan selamat dari Lee Soo Man, pendiri agensi SM Entertainment. Melalui akun Instagram agensi tersebut, Lay mengungkapkan bahwa trainee nantinya diharapkan bisa memiliki kemampuan yang bisa melebihi dirinya.

8. Berikan Program Beasiswa

Lay EXO juga kerap berpartisipasi di sejumlah kegiatan sosial. Bahkan melansir dari allkpop, Lay EXO memiliki program beasiswa untuk adik kelas di almamaternya yakni Hunan Masters College Middle School. Program beasiswa tersebut bernama Zhang Yi Xing Arts Scholarship. Dimana diketahui Lay telah mendonasikan uang kurang lebih senilai 150.000 USD. Nggak hanya berbakat tapi Lay juga jadi idol dermawan dan berhati baik ya KLovers.

Itulah sederet fakta perjalanan karir Lay EXO yang sukses hingga sekarang bahkan dikenal dunia. Gimana nih menurut kalian KLovers? Kita nantikan kembali karya-karya terbaru Lay.


REKOMENDASI
TRENDING