HOME » KOREA
KOREA

Keramik Hijau Goryeo, Harta Nasional Korea yang Jadi Bukti Tingkat Seni Zaman Goryeo

Jum'at, 31 Juli 2020 15:15 Penulis: Mita Anandayu

Keramik Hijau Goryeo © hancinema.net/museum.go.kr

Kapanlagi.com - Tahukah kamu Korea menjadi negara yang memiliki keramik dengan kualitas tertinggi dari abad ke-10?

Keramik hijau yang pertama kali dibuat oleh Cina. Akan tetapi, Cina pun begitu mendambakan keramik hijau zaman Goryeo ini. Dalam bukunya, seorang penulis Dinasti Song Taiping Laoren, Xiuzhongjin, mendaftarkan keramik Goryeo sebagai barang yang paling diinginkan di Tiongkok.

1. Cina Kagum dengan Keramik Goryeo

Seorang utusan dari kaisar Song menulis di GaoliTujing (Ilustrasi Travelogue of Goryeo) bahwa keramik Goryeo sama halusnya dengan yang dimiliki Cina. Penyair Dinasti Song yang terkenal, Su Shi, memasukkan dua artefak Goryeo dalam 10 item teratas di dunia, antara lain selendang dan lonceng Goryeo.

Cina adalah pengekspor utama keramik yang sangat indah. Apa yang membuat orang Cina kagum dengan keramik Goryeo?

2. Hasil Karya Seni Tingkat Tinggi Goryeo

Untuk membuat keramik, dibutuhkan teknologi yang canggih. Cina dan Goryeo adalah satu-satunya negara yang memiliki teknologi untuk membuat keramik. Orang-orang Goryeo belajar teknik membuat keramik dari Tiongkok dan memproduksi keramik pada abad ke-10. Pada abad ke-12, Goryeo memproduksi keramik yang melebihi kualitas keramik Cina.

Goryeo (918-1392) mengembangkan teknik unik disebut Metode Sanggam. Metode ini merupakan pola sketsa dengan menambahkan warna pada tanah liat. Keramik ini memiliki warna hijau giok yang unik dan tidak ada bandingannya. Keramik Goryeo yang paling terkenal adalah Keramik Prunus Vase yang masuk sebagai Harta Nasional Korea No. 68. Kehalusan hasil karya ini menunjukkan tingkat seni Goryeo.

(kpl/mit)

Editor: Mita Anandayu


REKOMENDASI
TRENDING