KOREA

Kronologi Kasus Hanbin (B.I): Chat Tanya Narkoba, Keluar iKON & Dihapus dari 3 Acara

Rabu, 12 Juni 2019 16:35 Penulis: Rahmi Safitri

B.I iKON © ARENA

Kapanlagi.com - Rabu (12/6/2019), pukulan telak serasa diterima oleh iKONICs (fans iKON). Leader dari boyband tersebut, B.I atau Kim Hanbin, mendadak tersandung kasus narkoba setelah media Dispatch mengungkap chat lama antara B.I dengan seorang pengedar narkoba pada tahun 2016 lalu. Gara-gara kasus ini, ia memutuskan keluar dari iKON dan YG.

Buat yang penasaran ada apa antara sebenarnya dengan B.I yang membuat nama aslinya, Hanbin, menjadi nomor satu di trending topic dunia, inilah kronologi kasusnya yang tiba-tiba saja membuat para penggemar iKON dan K-Pop kaget. 

 

 

1. Chat B.I dengan Bandar Narkoba

Dalam chat yang dirilis Dispatch, B.I bertanya pada A SOAL LSD (obat yang menyebabkan halusinasi). Sang idol bertanya apakah LSD punya efek yang kuat. Ia juga mengungkapkan keinginannya untuk memakai narkoba tapi terkendala karena mahal.

B.I: Kalau ada satu hal yang ingin kulakukan dalam hidupku adalah itu (memakai narkoba). Aku ingin mengonsumsinya setiap hari tapi ini mahal sekali.

B.I: Tapi aku bisa dengan LSD? Apalah halusinasinya akan terlihat jelas?

Dalam percakapan lainnya terlihat B.I yang meminta diskon. Pasalya, dia berniat membeli narkoba yang bernilai hingga belasan juta Rupiah.

B.I: F**k. Aku berpikir... Apakah aku harus membeli 10 atau langsung 1 juta Won (Rp 12 juta).
A: Jika kamu membeli 1 juta won hanya dapat 6. 10 harganya 1,5 juta Won (Rp 18,1 juta).
B.I: Itu mahal sekali hehe. Apakah tidak ada diskon untuk pembelian banyak?

Di akhir percakapan terlihat B.I siap membeli narkoba setelah kembali ke Korea.

B.I: Iya mengerti, ini bisa jadi berbahaya, aku akan langsung menghapusnya.
A: Hahaha
B.I: Aku akan menghapus ini karena aku pengecut, hahaha. Aku di Makau.
B.I: Aku akan kembali ke Korea Sabtu, jadi berapa banyak yang bisa aku beli darimu?

2. Alasan B.I Tidak Diinvestigasi?

Menurut keterangan dari 10Asia, seorang pengedar narkoba yang mengaku mengirimkan LSD ke tempat tinggal iKON atas permintaan B.I. Setelah itu, polisi menangkap pengedar lainnya yang mempunyai daftar pelanggan di mana salah satunya adalah B.I.

Polisi tidak melakukan investigasi B.I setelah pengedar narkoba mengubah pernyataannya di pemeriksaan ketiga. Saat itu ia bilang kalau memang benar B.I meminta tapi tidak membeli. Menurut media, sebelum pemeriksaan ketiga, YG Entertainment menyediakan pengacara untuk pengedar tersebut dan memintanya mengubah pernyataannya.

3. YG Nyatakan B.I Tidak Menggunakan Narkoba

Setelah kabar soal B.I ini mengemuka serta jadi perbincangan fans dan netizens, YG memberikan pernytaan. Mereka bilang kalau para artisnya tidak ada yang memakai narkoba termasuk B.I.

"YG membeli alat pemeriksaan narkoba dari Amerika Serikat setiap dua bulan sekali dan melakukan pemeriksaan kepada para artis secara berkala. Tidak satupun, termasuk B.I, terbukti positif menggunakan narkoba," ujar pihak YG.

Dispatch juga menyebutkan soal YG yang melakukan tes terhada artinya. Tapi media tersebut juga menyatakan kalau hasil tes itu hanya diketahui pihak agensi dan tidak ada bukti nyata.

4. Pernyataan B.I

Mendengar kabar tersebut, tentunya para penggemar begitu menantikan pernyataan resmi dari B.I sendiri. Sang Idol sempat memberikan update lewat akun Instagram pribadi miliknya. Dalam postingan terbaru, B.I sempat minta maaf dan mengaku sempat tertarik mengandalkan barang yang tak seharusnya (narkoba).

"Ini adalah Kim Han Bin. Pertama-tama, saya meminta maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh tindakan saya yang tidak pantas. Memang benar bahwa saya pernah ingin mengandalkan diri pada hal-hal  begitu keras dan menyakitkan yang seharusnya saya bahkan tidak boleh memiliki minat. Tetapi saya juga takut dan tidak takut. Namun, saya juga malu dan menyesal kepada kalian semua dan anggota yang sangat kecewa dan terluka karena ucapan saya yang salah. Saya ingin meninggalkan tim saya dan dengan rendah hati merenungkan kesalahan saya. Saya meminta maaf sekali lagi atas simpati tulus kalian, kepada penggemar dan para member. Maaf," tulisnya.

5. YG Konfirmasi B.I Keluar dari iKON dan Agensi

Setelah B.I membuat pernyataan di Instagram, YG kembali melakukan hal yang sama. Mereka memberikan informasi kalau rapper yang juga komposer itu akan keluar dari iKON.

"Ini YG Entertainment.
Kami menundukkan kepala dan minta maaf telah mengecewakan semua orang dengan permasalahan artis kami, Kim Hanbin. Kim Hanbin merasa punya tanggung jawab besar atas pengaruh kasus ini. Menganggap masalah ini serius, dia memutuskan untuk meninggalkan grup dan memutuskan kontrak eksklusifnya. YG menjadi lebih sadar akan tanggung jawab kami dalam mengatur artis di agensi. Sekali lagi kami benar-benar minta maaf sudah membuat khawatir," ujar pihak YG.

6. Dihapus Dari 3 Acara

Sebelum kasus narkoba ini muncul, B.I sempat melakukan syuting untuk beberapa acara seperti Law of the Jungle, Grand Buda-Guest, dan Stage K. Perwakilan ketiga acara tersebut pun sudah memberikan pernyataan soal penampilan B.I di program mereka.

B.I yang jadi anggota Grand Buda-Guest, tayang mulai 3 Juni dan sudah berlangsung 2 episode, menyatakan akan mengedit sang idola agar wajahnya tak lagi ada di penayangan berikutnya. Mereka juga akan menghapus B.I dari dua episode yang sudah tayang.

Acara Law of the Jungle dengan B.I sebagai salah satu pendukung acara dan tayang 15 Juni mendatang juga memberikan pernyataan akan mengedit bagian sang idola dengan hati-hati.

Hal yang sama juga dinyatakan perwakilan dari acara Stage K. Untuk penayangan tanggal 16 Juni, mereka memutuskan akan menghapus scene di mana B.I akan muncul.


REKOMENDASI
TRENDING