KOREA

Lepas Kewarganegaraan Demi Ikut Wamil, 5 Seleb K-Pop Ini Rela Pindah Jadi Warga Negara Korea

Sabtu, 14 Mei 2022 12:09 Penulis: Editor KapanLagi.com

credit: instagram.com/_____silverstone_____ - instagram.com/taecyeonokay - instagram.com/taecyeonokay

Kapanlagi.com - Artikel ditulis oleh: Alvionita Aqila

Wajib Militer merupakan hal yang wajib dilakukan oleh semua pria warga Korea Selatan tak terkecuali seorang artis. Tentunya untuk artis atau idol pria yang merupakan warga negara asing tidak melakukan wamil meski ia aktif bekerja dan tinggal di Korea.

Di dunia hiburan Korea Selatan, memang dikenal dengan artisnya yang berasal dari berbagai negara tak hanya dari Korea Selatan. Seperti banyak idol K-Pop yang berasal dari Jepang, China, Thailand, Amerika, bahkan dari Indonesia.

Namun ada beberapa artis K-Pop ini justru malah rela mengganti kewarganegaraan asingnya menjadi warna negara Korea untuk mengikuti wajib militer. Penasaran siapa aja? Yuk simak di bawah ini!

1. Andy SHINHWA

Lee Sun Ho atau biasa dikenal sebagai Andy Lee merupakan penyanyi, rapper, dan member termuda dari boy group K-Pop generasi pertama, SHINHWA. Andy lahir di Korea Selatan tetapi ia tumbuh besar di California, Amerika Serikat dan kembali ke Seoul saat SMA untuk mengejar karier sebagai penyanyi.

Ia menetap di Korea Selatan dan berhasil debut dengan SHINHWA pada tahun 1998. Agar bisa ikut wajib militer, Andy melepas kewarganegaraan asingnya dan mengikuti ujian persamaan karena pendidikan luar negeri yang dijalaninya tak diakui pemerintah Korea Selatan untuk bergabung dengan militer. Andy juga memutuskan untuk menyerahkan tempat tinggal permanennya di AS agar dia bisa mendaftar wamil.

2. Yeon Jung Hoon

Yeon Jung Hoon merupakan aktor dan anggota variety show Korea Selatan, 2 Days and 1 Night. Suami dari aktris Han Ga in ini sebenarnya lahir di Korea Selatan tetapi saat masih kecil, ia dikirim orang tuanya untuk tinggal dan belajar di Amerika Serikat hingga kuliah.

Kemudian pada tahun 1998, Yeon Jung Hoon kembali ke Korea Selatan untuk mengejar kariernya sebagai aktor. Bintang drama My Healing Love ini pun melepaskan kewarganegaraan asingnya menjadi warga negara Korea agar bisa ikut wajib militer.

3. Taecyeon 2PM

Jika membahas tentang artis Korea Selatan yang melepaskan kewarganegaraan asing demi ikut wajib militer, pasti sosok yang terlintas adalah Ok Taecyeon. Anggota boy group 2PM ini lahir di Korea Selatan namun saat masih kecil dirinya ikut keluarganya pindah ke Amerika Serikat.

Saat umurnya berusia 17 tahun, Taecyeon kembali ke Korea dan bergabung dengan JYP Entertainment. Meski ia tumbuh besar di Amerika, pada tahun 2010 lalu Taecyeon rela melepas kewarganegaraan asingnya agar bisa mendaftar wajib militer di Korea Selatan.

4. Bernard Park

Bernard Park atau juga dikenal dengan nama Nakjoon merupakan penyanyi yang lahir dan besar di Georgia, Amerika Serikat sampai masa kuliah. Namun, pada umurnya yang ke-17 tahun, ia pergi Korea Selatan untuk berkarier dan mengikuti program audisi KPop Star musim ketiga.

Meski memegang kewarganegaraan Amerika Serikat, Bernard Park memutuskan ingin mendaftar wajib militer. Pada Desember 2018, ia resmi melepas kewarganegaraan asingnya dan menjalani wajib militer di Korea Selatan sebagai tentara aktif.

5. Park Eun Seok

Nama Park Eun Seok dikenal berkat perannya sebagai Logan Lee di drama yang dibintanginya, The Penthouse. Pria kelahiran 10 Februari 1984 ini menghabiskan sebagian besar hidupnya di Amerika Serikat. Ia pun tumbuh dan besar di sana dan baru tinggal di Korea Selatan pada umur 20-an.

Park Eun Seok mengungkapkan bahwa ia saat itu ingin berkarier sebagai aktor di Korea Selatan. Namun, saat itu ia tidak bisa bahasa Korea. Kemudian, ia pun melepas kewarganegaraan asingnya dan mendaftar wajib militer Korea Selatan selama dua tahun untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan memahami budaya Korea Selatan.


REKOMENDASI
TRENDING