KOREA

Mengenal ENHYPEN, Boyband Rookie yang Akan Segera Melakukan Comeback Pada Akhir September 2021

Rabu, 01 September 2021 21:59 Penulis: Editor KapanLagi.com

ENHYPEN (Credit: Instagram.com/Enhypen)

Kapanlagi.com - ENHYPEN adalah boyband rookie asal Korea Selatan yang telah menjadi topik hangat bagi netizen Korea maupun Internasional. Pasalnya, ENHYPEN merupakan jebolan program survival show I-Land yang ditayangkan oleh stasiun telivisi Korea yakni Mnet. Ya, Mnet yang selalu berhasil menciptakan acara-acara survival show untuk mendebutkan boyband atau girlband baru di Korea Selatan, bahkan Mnet juga telah berhasil membuat survival show khusus untuk girlband atau boyband yang terbilang underrated di mata netizen Korea. Namun, I-Land diproduksi langsung oleh BE:LIFT dengan beberapa perusahaan gabungan seperti CJ ENM dan Big Hit Labels. Tak heran, ENHYPEN langsung dilirik oleh banyak mata di Korea Selatan maupun Internasional karena Big Hit Labels (agency BTS) turun tangan untuk menciptakan boyband baru ini.

ENHYPEN debut pada 30 November 2020 yang terdiri atas 7 member di mana 6 anggota yang lain merupakan peserta trainee I-Land dan khusus untuk satu member yaitu Sunoo dipilih secara langsung oleh Bang Si Hyuk (mantan CEO HYBE Entertainment) dan beberapa sutradara lainnya. Anggota ENHYPEN terdiri dari Jungwon, Heeseung, Jay, Jake, Sunghoon, Sunoo, dan Ni-Ki, ketujuh member terbilang cukup muda bahkan sang maknae (member termuda) Ni-Ki masih berusia 16 tahun (umur Internasional).

Yang menarik dari boyband rookie ini, ternyata nama ENHYPEN bukan sekedar nama untuk boyband yang akan diingat oleh masyarakat. Namun, nama ENHYPEN juga memiliki makna di dalamnya, seperti diketahui kata "hypen" dalam bahasa Inggris memiliki arti sebagai tanda penghubung. Hal tersebut mendefinisikan agar para member ENHYPEN dapat selalu terhubung satu sama lain dan diharapkan dapat tumbuh besar serta sukses membawa nama ENHYPEN pada panggung musik Internasional.

1. Awal Karier

Setelah sukses memenangkan program survival show I-Land pada 18 September 2020, ENHYPEN langsung merilis mini album BORDER: DAY ONE dengan membawakan lagu utama pada album mereka bertajuk Given-Taken. Musik video Given-Taken telah tembus hampir 50 juta penonton di Youtube. Kemudian ENHYPEN juga melakukan promosi lagu mereka pada acara musik di Korea Selatan seperti M COUNTDOWN, MUSIC BANK, SBS INKIGAYO, THE SHOW, hingga #MTVFreshOut. Sungguh benar-benar akan mengundang minat bagi penikmat K-Pop untuk melirik boyband rookie ini atas performance mereka di atas panggung.

Yang tak kalah hebat dari performance di atas panggungnya, ternyata ENHYPEN telah memecahkan rekor sebagai boyband rookie dengan penjualan album hingga menembus angka 229 ribu copy. Album ENHYPEN juga menempati posisi lima besar dalam chart album pada iTunes di 34 negara. Tidak berhenti di sana, ENHYPEN juga telah terpilih sebagai model global ambassador untuk brand fashion dari negara Perancis yaitu AMI. Memang benar-benar pencapaian yang luar biasa pada boyband rookie Korea Selatan ini.

 

2. Konsep dan Gaya Musik

Pada awal debut, ENHYPEN tampil dengan mengusung konsep musik dark sekaligus intense pada MV Given-Taken. Lagu Given-Taken ternyata ditulis langsung oleh Wonderkid bersama Bang Si Hyuk. Terlihat dari MV Given-Taken, para member ENHYPEN tampil dengan enerjik sekaligus terlihat sangat menghayati pada sesi solo shoot setiap member.

Gaya musik ENHYPEN memiliki banyak genre yang diharapkan bisa masuk ke siapapun yang mendengarkan musik mereka. Seperti single yang mereka bawakan sebagai lagu debutnya Given-Taken memiliki genre pop music, kemudian ada juga gaya music classical dengan lagu Cross The Line, ada pula yang bergenre rock dengan lagu Drank-Dazed dan Fever, tak lupa dengan genre hip-hop dengan lagu Flicker, 10 Months dan Walk The Line. Dengan kelima gaya musik yang telah disebutkan, ENHYPEN sangat berharap agar banyak pecinta K-Pop melirik karya-karya mereka serta turut dapat membanggakan para fans yang telah mendukung mereka dari awal debut hingga detik ini.

 

3. Fandom

Pada 9 Oktober 2020, ENHYPEN mengunggah video baru di Youtube Official ENHYPEN untuk mengumumkan nama fandom mereka dengan sebutan ENGENE. Terlihat pada video tersebut para member sangat bersemangat pada momen itu. Pasalnya, ENHYPEN begitu bangga atas adanya penggemar yang telah mendukung mereka dari survival show I-Land sampai mereka telah berhasil menjadi boyband hingga saat ini. Disebutkan di sana, bahwa ENHYPEN sangat berterima kasih atas kehadiran ENGENE yang selalu ada untuk mereka.

ENHYPEN memilih nama ENGENE karena memiliki dua kata yaitu Engine yang berarti mesin dan Gene yang berarti DNA. Sehingga nama ENGENE memiliki makna yaitu para penggemar digambarkan sebagai 'mesin' yang telah membantu ENHYPEN untuk tumbuh dan terus bergerak maju. Tak lupa dengan kata Gene, yang menurut para member, ENHYPEN dan ENGENE akan berbagi DNA yang sama untuk selalu terhubung, berkembang, dan tumbuh bersama. Pada unggahan video tersebut banyak fans yang begitu antusias atas nama fandom yang telah disebutkan oleh para member, terlihat jelas pada kolom komentar banyak fans yang tak ada hentinya untuk menyanjung para member ENHYPEN.

 

4. Berhasil Menangkan Beberapa Penghargaan

Walaupun masih terbilang sangat baru sebagai boyband, namun ENHYPEN telah memenangkan berbagai penghargaan musik bergengsi di Korea Selatan. Sebab, pada awal tahun 2021 ENHYPEN telah membuat bangga EUGENE atas kemenangannya yang menyabet penghargaan di perhelatan Golden Disk Award (GDA) 2O21 dengan memenangkan kategori Best Rookie Artist. ENHYPEN juga menyabet piala pada ajang penghargaan Seoul Music Awards (SMA) 2021 pada nominasi Rookie of the Year dengan album BORDER: DAY ONE.

Hari ini, 1 September 2021 ENHYPEN telah memenangkan Top Ten Awards (TTA) 2021 dengan julukan ‘6th TTA The Biggest Dark Horse’. ENHYPEN telah berhasil meraih posisi pertama dari awal voting hingga babak final. Setelah berada di posisi pertama sampai dua minggu berturut-turut ENHYPEN ditetapkan sebagai pemenang Artist in First Hall 2021 (Best Global Artist).

 

5. Siapkan Comeback Pada Akhir September 2021

2021 lalu, kini ENHYPEN sedang menyiapkan comeback terbaru mereka pada akhir September 2021. Konsep dan tema yang dibawakan pada comeback kali ini masih dirahasiakan oleh pihak agency. Walaupun masih dirahasiakan, namun EUGENE sangat antusias guna menyambut special comeback dari ENHYPEN.

Sebelumnya, ENHYPEN telah memberikan kode kepada para penggemar jika mereka akan melakukan comeback pada live di platform online V Live beberapa waktu lalu. Beberapa member memberikan beberapa kode seperti koreo baru yang belum pernah mereka tampilkan. Hal tersebut membuat para penggemar menyimpulkan bahwa dalam waktu dekat ENHYPEN mengeluarkan comeback perdananya kembali.

 Artikel ini ditulis oleh: Vici Erta

 

 

REKOMENDASI
TRENDING