KOREA

Netizen Curiga JYP Entertainment Beli Viewer untuk MV Terbaru Stray Kids

Senin, 24 Juni 2019 10:46 Penulis: Kistin Septiyani

Stray Kids ©JYP Entertainment

Kapanlagi.com - Netizen baru-baru ini heboh usai menemukan music video (MV) terbaru Stray Kids menjadi iklan di YouTube. Ternyata Stray Kids bukanlah artis JYP Entertainment pertama yang lagunya muncul sebagai iklan di platform berbagi video tersebut. Sebelumnya lagu-lagu terbaru TWICE, GOT7, dan ITZY juga muncul sebagai iklan di YouTube.

Mengutip Allkpop, pada Senin (24/6/2019) video Stray Kids ini muncul sebagai iklan yang tak bisa dilewati. Sebagian netizen pun menganggap hal ini sedikit tak adil untuk artis dari agensi kecil yang harus bersaing dengan artis dari JYP Entertainment dalam acara musik.

 

1. Kecurigaan Netizen

Kekhawatiran sebagain netizen ini muncul karena jumlah viewer sebuah video di YouTuber ternyata menjadi kriteria yang cukup menentukan kemenangan artis dalam kebanyakan acara musik di Negeri Gingseng tersebut. Netizen menganggap hal ini sebagai bentuk kecurangan atau manipulasi tangga lagu.

Mereka beranggapan, dengan menjadikan MV artis-artisnya sebagai iklan, JYP Entertainment sama saja telah membeli jumlah views di YouTube. Mereka juga menyoroti bagaimana jumlah like dalam sebuah video memiliki selisih yang sangat jauh dengan jumlah views yang dihasilkan. Hal berbeda jika dibandingkan dengan MV lagu Korea dari agensi lain yang biasanya memiliki jutaan like.

2. Comeback Stray Kids

Stray Kids comeback pada hari Kamis (20/6/2019) dengan merilis MV untuk lagu berjudul Side Effects. MV yang dirilis melalui saluran YouTube milik JYP Entertainment ini kini telah dilihat sebanyak 21 juta kali, dan disukai oleh lebih dari 755 ribu penikmat YouTube.

Lagu Side Effects ini sendiri merupakan title track untuk album mereka yang berjudul Yellow Wood. Mereka juga merilis video untuk lagu tersebut dalam bentuk performance pada Minggu (23/6/2019).


REKOMENDASI
TRENDING