HOME » KOREA

Nggak Hanya Menebar Cinta, Intip Juga Kuliner Lezat yang Muncul di Hometown Cha-Cha-Cha

Senin, 27 September 2021 09:04 Penulis: Wuri Anggarini
Nggak Hanya Menebar Cinta, Intip Juga Kuliner Lezat yang Muncul di Hometown Cha-Cha-Cha (c) Shutterstock

Kapanlagi.com - Demam HOMETOWN CHA-CHA-CHA masih terus bertahan. Apalagi setelah episode 10 tayang, pasti banyak yang bahagia dengan jalan cerita yang disajikan. Namun, daya tariknya nggak hanya sebatas pada kisah cinta Yoon Hye Jin dan Hong Du Shik saja. Side story dari warga Gongjin lainnya juga nggak kalah bikin senyum-senyum sendiri.

Selain menebar cinta, HOMETOWN CHA-CHA-CHA juga menyajikan banyak kuliner khas daerah yang punya kelezatan luar biasa. Yuk, intip dulu deretan makanan yang bermunculan dalam drama ini.

Hoe

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Mengambil setting di sebuah desa pinggir pantai, kuliner yang paling banyak tampil dalam HOMETOWN CHA-CHA-CHA adalah olahan ikan laut mentah atau yang disebut sebagai hoe. Sashimi ala Korea yang satu ini sebenarnya juga banyak bermunculan di berbagai drama lainnya, tapi memang mendapat highlight utama dalam drama ini karena dinilai sebagai salah satu ciri khas Gongjin.

Secara umum, restoran hoe di Korea nggak hanya menyajikan ikan mentah saja. Tapi banyak juga menawarkan hidangan laut lainnya seperti cumi-cumi, teripang, dan tiram. Hoe dengan daging berwarna putih biasanya dibuat dari ikan kakap, flatfish, dan rockfish dengan tekstur berbeda tergantung ikan yang digunakan. Jika dibuat dari ikan kakap, teksturnya sangat kenyal. Sementara jika dibuat dari flatfish akan terasa meleleh di mulut.

Naengmyeon

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Masih ingat dengan scene saat Hong Du Shik, Ji Seong Hyun dan Yoon Hye Jin menikmati makan siang bertiga dengan menu naengmyeon? Mungkin banyak yang penasaran, seperti apa sih hidangan yang satu ini? Ternyata, naengmyeon adalah salah satu sajian mi unik khas Korea. Disebut unik karena makanan ini disajikan dalam keadaan dingin.

Yup, jika biasanya kamu menyantap mi dengan kuah panas, berbeda dengan naengmyeon yang dingin, bahkan disajikan lengkap dengan es batu. Mi yang satu ini biasanya jadi menu makanan yang dinikmati saat musim panas untuk menyegarkan suasana. Kuah kaldu yang dimasak dengan teknik khusus jadi rahasia kelezatan makanan tersebut. Untuk menikmati naengmyeon, dibutuhkan pelengkap wajib seperti acar lobak, timun, dan telur.

Mandu

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Selain menikmati naengmyeon, Hong Du Shik, Ji Seong Hyun, dan Yoon Hye Jin juga memesan mandu sebagai pelengkap menu makan siang mereka. Mandu adalah hidangan pangsit khas Korea yang dibuat dengan menempatkan daging atau sayuran di dalam gulungan kulit pangsit tipis.

Jika dalam drama ini kamu bisa melihat mandu yang dikukus, sebenarnya pengolahannya sendiri juga cukup beragam karena ada mandu yang digoreng dan dinikmati dengan kuah kaldu dingin. Setiap daerah di Korea juga punya cara memasaknya masing-masing, lho.

Tangsuyuk

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Makanan lain yang cukup banyak jadi perbincangan dalam beberapa episode drama ini adalah tangsuyuk. Yoon Hye Jin biasa menikmati makanan ini sebagai menu makan siang bersama Pyo Mi Seon yang dipesan dari restoran Cina milik Jo Nam Suk.

Tangsuyuk sendiri adalah daging goreng tepung yang dicelup atau disiram dengan saus asam manis. Versi Koreanya memang dibuat dari daging babi, tapi banyak kreasi masa kini yang dibuat dari daging sapi, ayam, atau bahkan jamur bagi yang tidak memakan daging. Tangsuyuk ini sendiri sebenarnya berasal dari kuliner Cina yang kemudian disesuikan dengan lidah masyarakat Korea. Yoon Hye Jin sering memasak makanan ini dengan jjajangmyeon, lho.

Sirutteok

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Flashback ke episode 2 HOMETOWN CHA-CHA-CHA, masih ingat saat Yoon Hye Jin membagikan kue beras saat pindah ke Gongjin? Kue ini disebut sebagai Sirutteok, atau yaitu kue beras kukus dari kacang merah yang jadi salah satu penganan paling terkenal di Korea.

Sirutteok punya makna tersendiri, yaitu untuk merayakan acara tertentu seperti pesta ulang tahun dan menyapa tetangga baru. Biarpun banyak varian topping yang berkembang, tapi masyarakat Korea tetap memilih kacang merah karena kepercayaan tradisional bahwa bahan tersebut bisa mengusir makhluk halus.
Itu tadi sederet kuliner khas Korea yang hadir dalam drama HOMETOWN CHA-CHA-CHA, ada yang pernah kamu cobain, KLovers? Kalau kebetulan lagi ingin menikmati hidangan khas Korea tapi bingung mau pesan di mana, langsung saja pre order lewat ManisdanSedap.com!

Website kuliner yang satu ini merupakan bagian dari KapanLagi Youniverse (KLY) sebagai Digital Media Network, KLY menaungi media online seperti Liputan6.com, Merdeka.com, Kapanlagi.com, Fimela.com, Dream.co.id, Brilio.id, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com.

Platform ini membantu para foodies untuk melakukan pre order berbagai menu favorit dari berbagai kota di Indonesia, nggak terkecuali masakan Korea. Selain memanjakan para foodies, ManisdanSedap.com juga mendukung para pelaku UMKM kuliner dengan menjadi ‘etalase’ produk jualan mereka. Cara pemesanannya juga gampang karena dilengkapi dengan tombol pemesanan. Tinggal klik, kamu akan langsung terhubung dengan nomor WhatsApp seller dan transaksi pun dilakukan terpisah dari platform.

Yuk, temukan rekomendasi menu kuliner Korea yang tersaji di ManisdanSedap.com!

1. Pre order Woosamgyup by tungbo.id di Tangerang

(c) tungbo.id(c) tungbo.id

2. Pre order Mandu Original by tungbo.id di Tangerang

(c) tungbo.id(c) tungbo.id

3. Pre order Spicy Chicken BBQ by the.kimbap Manado

(c) the.kimbap(c) the.kimbap

4. Pre order Tteokpokki Halal by dapurahjumma di Tangerang

(c) dapurahjumma(c) dapurahjumma


Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini


REKOMENDASI
TRENDING