KOREA

Ramai Kemungkinan Jin BTS Bisa Tunda Wajib Militer, Ini Pendapat Para Pria Korea Selatan

Senin, 19 Oktober 2020 22:55

BTS © Big Hit Entertainment

Kapanlagi.com - Wajib militer di Korea merupakan salah satu program pemerintah yang mengharuskan pria yang sudah cukup umur untuk menjalaninya. Namun belum lama ini Military Manpower Administration (MMA) menyatakan kalau BTS kemungkinan bisa menunda pendaftaran mereka di lain hari.

Tentunya kabar ini membuat banyak orang netizen penasaran dengan pendapat pria Korea lainnya, khususnya di kalangan non selebriti. Kanal YouTube Asian Boss belum lama ini mewawancarai pria Korea yang pernah jalankan wajib militer.

 

1. Sandingkan Atlet dan Musisi

Dalam wawancaranya, seorang pria mengatakan kalau BTS mendapat kebebasan wamil akan terlihat tidak adil. Hal ini berdasarkan undang-undang mereka bahwa atlet olimpiade, atlet peraih medali emas, dan musisi klasik pemenang penghargaan berhak mendapat pengecualian wamil karena kontribusi mereka yang luar biasa.

Bagi pria ini, K-Pop Idol belum memenuhi syarat tersebut. Namun tak menampik kalau BTS ini adalah duta budaya yang harus dipertimbangkan. Ditambah lagi, bagi pria ini pencapaian nomor 1 di tangga lagu Billboard BTS belum sebanding dengan medali emas Olimpiade.

2. Peraturan Harus Lebih Jelas

Selain itu, ada juga beberapa pria yang setuju saja agar BTS menerima pengecualian mengikuti wamil. Hanya saja, mereka meminta agar peraturan tersebut dibuat lebih jelas lagi untuk para K-Pop Idol dan artis lainnya.

Lebih lanjut, ada pria lainnya yang mengaku tidak setuju dengan kebebasan wamil BTS karena baginya BTS adalah penghibur sedangkan atlet memang harus mengabdi. Meski BTS telah menyumbang miliaran dollar bagi perekonomian Korea Selatan, bagi pria ini peraturan itu sebaiknya tidak hanya berdasarkan ekonomi saja.

3. Spekulasi Agensi

Hal ini juga diamini oleh BigHit Entertainment. Menurut agensi, ada 'kemungkinan besar' bahwa Jin, sebagai anggota tertua BTS, bisa menunda wajib militernya hingga akhir 2021.

Meskipun belum ada yang dikonfirmasi, agensi berspekulasi bahwa kasus seperti itu bisa saja terjadi. Terlebih lagi, kemungkinannya cukup besar.

Well, tentunya semua kembali kepada pendapat masing-masing. Setiap orang tentunya berhak berpendapat untuk menyampaikan pemikiran mereka. Sebagai fans yang baik tentunya kita hanya bisa mendukung dan mendoakan yang terbaik untuk idola. Jadi bagaimana menurutmu?


REKOMENDASI
TRENDING