HOME » KOREA

Studio Ghibli Hentikan Produksi Film Animasi?

Selasa, 05 Agustus 2014 10:41 Penulis: Guntur Merdekawan
Studio Ghibli Hentikan Produksi Film Animasi? Image: Denofgeek©
Kapanlagi.com - Dunia perfilman diterpa sebuah kabar yang cukup menyesakkan. Salah satu studio film animasi terbesar di Jepang maupun dunia, Studio Ghibli, secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan berhenti menelurkan karya-karya anime untuk sementara waktu.

Seperti yang diketahui, film-film animasi terbitan Studio Ghibli tak hanya digemari oleh anak-anak ataupun penggemar anime belaka, melainkan hampir seluruh para pecinta film pada umumnya. Studio film ini sudah berkarya sejak tahun 1985 silam, beberapa film jempolan terbitan mereka yang sudah sangat mendunia adalah My Neighbor Totoro (1988), Spirited Away (2001), Kiki's Delivery Service (1989), Howl's Moving Castle (2004), dan masih banyak lainnya.

My Neighbor Totoro, salah satu film andalan dari Studio GhibliMy Neighbor Totoro, salah satu film andalan dari Studio Ghibli

Satu hal yang paling melekat dari anime-anime Studio Ghibli adalah ilustrasi mereka yang sangat unik dan khas. Walaupun terkesan oldies dan sedikit 'kasar' namun hal itulah yang seakan menjadi senjata utama yang dipakai untuk meluluhkan hati penggemar.

Tanda-tanda bahwa Studio Ghibli akan mengalami penurunan drastis mulai dirasakan ketika salah satu co-founder yang merangkap sebagai sutradara jempolan mereka, Miyazaki Hayao, memutuskan untuk berhenti dari tim 2013 lalu. Padahal nama tersebut adalah salah satu 'otak' utama di balik kesuksesan Studio Ghibli. Intip saja film-film garapannya yang semua masuk dalam daftar di atas.

Hayao Miyazaki, Otak di balik kesuksesan Studio GhibliHayao Miyazaki, Otak di balik kesuksesan Studio Ghibli

Anime terakhir yang dirilis oleh Miyazaki adalah The Wind Rises pada bulan Juli 2013 lalu sebelum ia memutuskan tuk berhenti. Setelahnya dua film terakhir dari Studio Ghibli, The Tale of Princess Kaguya (2013) dan When Marnie Was There (2014) seakan gagal merebut hati penggemar.

Kegagalan tanpa hadirnya sosok seorang Miyazaki akhirnya disadari oleh seluruh manajemen. Toshio Suzuki, salah satu co-founder lainnya akhirnya mengumumkan kabar pemberhentian produksi film untuk sementara waktu demi 'menyembuhkan luka' atas hilangnya Miyazaki.

"Kita butuh perubahan besar di segala aspek operasi kita. Atas dasar itu kita memutuskan untuk berhenti sementara waktu demi masa depan studio ini. Kita masih mungkin merilis film baru tergantung dari situasi dan kondisi," ungkapnya pada sebuah pernyataan, seperti yang ditulis situs Variety.

Toshio Suzuki bawa berita duka untuk kita semuaToshio Suzuki bawa berita duka untuk kita semua

Semoga Studio Ghibli terus berkarya dan kembali menghibur kita dengan anime-anime epik mereka selama mungkin. :(

(kpl/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING