HOME » KOREA
KOREA

Voluntary Agency Network of Korea, Tak Hanya Jadi Tempat untuk Kenal Lebih Jauh Tentang Negeri Ginseng tapi Juga Bisa Dapat Teman Korea

Selasa, 27 Oktober 2020 15:01 Penulis: Mita Anandayu

Park Gi Tae, founder VANK © Instagram.com/vank_prkorea

Kapanlagi.com - Buat yang ikut gabung di acara KapanLagi Korean Festival pasti tahu VANK (Voluntary Agency Network of Korea). Bagi penggemar Korea mungkin masih sedikit yang tahu tentang organisasi asal Korea ini. Apa sebenarnya VANK?

VANK adalah organisasi diplomasi dunia maya yang terdiri dari 120.000 anggota Korea dan internasional yang dipersatukan dengan tujuan untuk memperkenalkan Korea secara tepat kepada dunia. Tak hanya itu, mereka juga mempromosikan pertukaran budaya melalui persahabatan internasional.

1. Kapan Terbentuk?

Berdasarkan informasi dari website resminya vankstory.prkorea.com, VANK didirikan tahun 1999 ketika seorang pemuda mulai bertukar email dengan sahabat pena dan terkejut mengetahui fakta bahwa teman-teman internasionalnya tak banyak tahu tentang Korea. Bahkan beberapa dari mereka juga mengetahui informasi yang salah tentang Korea.

Park Gi Tae, yang merupakan founder VANK pun mempunyai harapan di mana orang Korea bisa menjalin hubungan yang tulus dengan teman-teman internasional dari seluruh dunia. Dengan adanya hubungan ini, komunitas Korea di seluruh dunia pun bisa memperolah pemahaman dan informasi yang akurat tentang Korea.

2. Program VANK

Para member VANK telah berperan besar sebagai diplomat dunia maya untuk berbagi informasi tentang Korea dengan dunia. Mereka juga memperbaik informasi atau kesalahan penafsiran internasional tentang Korea.

Bagi VANK ada tiga program yang diberikan untuk bisa berbagi informasi tentang Korea, yakni Pemuda Korea Menjadi Diplomat Dunia Maya, Pemuda Korea Menjadi Duta PR Global, dan Pemuda Korea Menjadi Pengubah Dunia.

VANK telah mengembangkan dan mengimplementasikan program pendidikan untuk diplomat dunia maya. Banyak anak muda Korea yang bercita-cita menjadi diplomat. Program Pemuda Korea Menjadi Diplomat Dunia Maya ini mengajarkan mereka cara berinteraksi dengan orang asing dan bertindak sebagai diplomat warga.

© Instagram.com/vank_prkorea

Selain menjadi Diplomat Dunia Maya, VANK juga telah mengembangkan dan menerapkan program pendidikan untuk duta PR global. Semakin banyak orang Korea pergi ke luar negeri untuk belajar, bepergian, atau kegiatan sukarela. Program ini memupuk kemampuan mereka untuk mewakili dan mempromosikan Korea dengan benar kepada orang asing.

Program yang terakhir, Pemuda Korea Menjadi Pengubah Dunia. VANK telah mengembangkan dan menerapkan program pendidikan untuk pengubah dunia di masa depan. VANK berharap anak muda Korea dapat berkontribusi dalam menyelesaikan masalah global, seperti masalah kemiskinan dan lingkungan. Program ini mengembangkan kemampuan mereka untuk membuat perbedaan di dunia.

3. Penggemar Korea di Indonesia Bisa Gabung dengan VANK?

Dalam bincang-bincang santai di Kapanlagi Korean Festival, VANK diwakili oleh Park Gi Tae dan Shin Ji Won beberapa waktu lalu mengajak para penggemar Korea untuk bergabung dengan program VANK. Bagaimana caranya?

"Korea sangat terkenal, selama ini orang mengenal Seoul sebagai kota yang paling besar. Padahal ada banyak kota lain yang tak kalah besar. Kita membuat Indonesia postcard juga, jadi kita mempromosikan Indonesia juga selain promosi budaya kita. Siapapun yang ingin belajar budaya korea, please join us," kata Park Gi Tae.

Paket informasi tentang Korea dari VANK © Instagram.com/vank_prkorea

Caranya kalian bisa kunjungi chingu.prkorea.com. Kalian bisa bergabung academic course untuk belajar tentang Korea. Atau bisa juga follow Instagramnya @vank_prkorea. Melalui VANK, tak hanya sekadar kenal banyak tentang budaya Korea tapi juga banyak informasi tentang Korea yang bisa kamu dapatkan. Selain itu, kamu juga bisa punya teman dari Korea Selatan!

 

(kpl/mit)

Editor: Mita Anandayu


REKOMENDASI
TRENDING