Punya Marga Sama, Pernikahan Song Song Couple di Masa Lalu Bisa Dianggap Ilegal

Selasa, 07 November 2017 07:45 Penulis: Rahmi Safitri
Punya Marga Sama, Pernikahan Song Song Couple di Masa Lalu Bisa Dianggap Ilegal Song Joong Ki dan Song Hye Kyo © KBS2

Kapanlagi.com - Di masa lalu, hukum dan peraturan di Korea soal pernikahan sangatlah rumit. Salah satu peraturan yang jelas adalah dua orang yang berasal dari klan sama serta punya nama marga sama, bakal dilarang untuk menikah. Karena menurut kepercayaan zaman dahulu, menikah dengan orang yang berasal dari satu klan itu sama artinya dengan mengawini anggota keluarga sendiri.

Contohnya saja orang dengan marga Kim. Sekedar pengetahuan saja, orang marga Kim di Korea mencapai 22% dari total populasi. Kim sendiri ternyata dibagi ke dalam 282 klan yang kebanyakan berasal dari Provinsi Gyeongju dan Provinsi Gyeongsang.

Article 809, peraturan tentang pernikahan Korea, menyebutkan kalau seorang pria dengan nama marga Kim yang berasal dari Gyeongju dilarang menikah dengan seorang wanita bermarga Kim dari provinsi yang sama, meskipun tak ada hubungan darah. Di masa lalu, hukum ini mungkin mudah diterapkan, tapi di masa kini hal tersebut sulit diterima.

Untung mereka bisa menikah tanpa halangan apapun © IstimewaUntung mereka bisa menikah tanpa halangan apapun © Istimewa

Pada tahun 1997, pemerintah Korea sempat menyatakan kalau peraturan tersebut inkonstitusional yang artinya bertentangan dengan Undang-Undang. Tapi baru pada tahun 2005, aturan menikah sesama klan dan sama marga benar-benar dihapuskan. Jadi kini meski punya marga dan asal sama boleh menikah yang penting tidak ada hubungan darah.

Song Joong Ki dan Song Hye Kyo sendiri diketahui punya marga sama. Apalagi marga Song ini cukup jarang, hanya sekitar 1,4% dari total populasi di Korea berdasarkan sensus tahun 2000. Makanya saat pasangan ini menyatakan akan menikah, masih ada fans yang sempat was-was mereka boleh menikah atau tidak. Tapi untungnya peraturan itu sudah dihapuskan jadi tak ada yang bisa menghalangi cinta Song Song couple.

Oh ya buat yang suka drama Reply 1988 pasti tahu lah rumitnya pernikahan sama marga ini. Di drama tersebut, marga sama sempat hampir jadi penghalang cinta antara karakter Sung Sunwoo dan Sung Bora yang diperankan oleh Go Kyung Pyo dan Ryu Hye Young!

Karakter Sunwoo dan Bora di Reply 1988 yang punya marga sama © tvNKarakter Sunwoo dan Bora di Reply 1988 yang punya marga sama © tvN

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING