Sistem Undian Black Card Wamil di Thailand, Bikin Fans GOT7 dan NCT Was-Was

Selasa, 10 April 2018 07:45 Penulis: Rahmi Safitri
Sistem Undian Black Card Wamil di Thailand, Bikin Fans GOT7 dan NCT Was-Was BamBam dan Ten © Istimewa

Kapanlagi.com - Fans GOT7 dan NCT baru saja dibikin ketar-ketir nih. Soalnya member boyband tersebut ada yang dari Thailand dan baru saja ikut undian untuk wajib militer di negara mereka. Mereka adalah Bambam dari GOT7 dan Ten NCT.

Well, Korea Selatan bukan satu-satunya negara yang punya wajib militer, Thailand juga. Kalau Korsel masih dalam fase perang dengan negara tetangga, Korea Utara, maka di Thailand ada civil war, alias perang organisasi dalam satu negara. Untuk menentukan siapa saja yang ikut wajib militer, kedua negara tersebut punya sistem berbeda.

Di Korea Selatan, semua pria berusia 19 tahun wajib hukumnya ikut wajib militer. Mereka baru bebas kalau memang secara fisik dianggap tidak mampu untuk melakukan wajib militer yang mengharuskan mereka terpisah dari keluarga selama hampir 2 tahun. Kalau di Thailand, tak semua pria ikut wajib militer. Mereka bisa bebas kalau mendapatkan black card.

Setiap bulan April, pria Thailand yang sudah berusia 21 tahun wajib untuk mengikuti sistem undian penentuan siapa yang harus ikut wamil. Undian ini biasanya diadakan di sekolah-sekolah atau gedung pertemuan di tiap area. Kenapa ada sistem undian? Karena tiap tahun jumlah atau kuota untuk yang wajib militer sudah ditentukan. Jika banyak sukarelawan yang bersedia wajib militer, maka kesempatan bagi yang ikut undian lolos dari wamil semakin besar.

Kalau jumlah sukarelawan lebih sedikit dari total kuota yang ditentukan, maka para pria wajib untuk ikut undian. Sebelum pengambilan undian berlangsung, mereka dicek dulu kesehatan fisiknya. Jika dianggap sehat, maka ke tahap selanjutnya yaitu pengambilan undian apakah akan wamil atau tidak. Kalau ternyata tidak lolos tes kesehatan, maka dia bebas untuk tidak wamil. 

Ten saat ikut seleksi undian © KTuk19Ten saat ikut seleksi undian © KTuk19

Undiannya adalah mereka harus mengambil kartu dari sebuah kotak. Jika mendapat kartu hitam alias black card, maka mereka bebas dari wajib militer. Tapi jika mendapat red card, mau tak mau mereka harus wajib militer di tempat yang sudah ditentukan selama satu sampai dua tahun.  Lamanya masa wajib militer ditentukan oleh tingkat pendidikan mereka. Satu tahun untuk sarjana dan dua tahun bagi lulusan SMA.

Buat sukarelawan, mereka punya masa wajib militer lebih singkat daripada yang wamil karena dapat red card. Jika sudah sarjana, maka wajib militer untuk sukarelawan cuma 6 bulan. Sedangkan yang belum sarjana akan wamil selama satu tahun. Selain itu sukarelawan berhak untuk memilih di mana mereka akan wamil. Pilihannya antara tentara, angkatan laut, dan angkatan udara.

Tentu saja seorang pria Thailand boleh menunda untuk ikut undian wajib militer dengan alasan masih belajar sebagai mahasiswa. Mereka boleh menunda sampai usia 27 tahun asal masih berstatus sebagai mahasiswa. 

Bambam berpose saat menunggu giliran mengambil kartu © News PicBambam berpose saat menunggu giliran mengambil kartu © News Pic

Ten NCT ikut seleksi wajib militer ini pada tanggal 1 April lalu. Saat melakukan pemeriksaan fisik, Ten dianggap tidak layak untuk ikut wajib militer karena cedera yang pernah dialaminya. Pelantun lagu New Heroes ini pun tidak perlu ikut undian dan bisa beraktivitas kembali sebagai idola K-Pop.

Sementara Bambam GOT7 ikut seleksi ini pada tanggal 9 April lalu. Bambam juga tak perlu ikut wajib militer karena kuota di areanya buat yang ikut wamil sudah terpenuhi karena banyak yang jadi sukarelawan. Fans GOT7 pun membuat hashtag #BlackCardBambam trending nomor satu di Twitter untuk memberikan dukungan pada sang idola.

Selamat buat fans GOT7 dan NCT yang sebelumnya dibikin deg-degan dengan sistem undian ini!

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING