2016, Era Kebangkitan Film dan Sinetron Milenium

Sabtu, 08 Oktober 2016 08:52 Penulis: Guntur Merdekawan
2016, Era Kebangkitan Film dan Sinetron Milenium Warkop DKI - Tuyul dan Mbak Yul - AADC 2 © Istimewa

Kapanlagi.com - 2016 bisa dibilang sebagai sebuah 'dimensi' yang terhubung ke masa lalu bagi dunia hiburan Tanah Air. Ya, seperti diketahui, tahun ini ada banyak sekali judul-judul film layar lebar maupun sinetron dari era milenium a.k.a 2000an yang ditayangkan atau bahkan di-recycle ulang.

Contoh pertama adalah ADA APA DENGAN CINTA 2 yang merupakan sequel dari film pertamanya tahun 2002 silam. Dengan mengandalkan sederet pemeran yang masih sama seperti pendahulunya (Nicholas Saputra, Dian Sastrowardoyo, Sissy Priscillia, Titi Kamal hingga Adinia Wirasti), film garapan sutradara Riri Riza itupun sukses mengobati rasa kangen para penikmat film.

Buktinya, dalam jangka waktu penayangan satu minggu saja, total penjualan tiket AADC2 mencapai angka 3 juta. Fakta itu membuat film yang diproduseri oleh Mira Lesmana ini meroket naik sebagai salah satu film layar lebar Tanah Air paling laris. Saking suksesnya, AADC2 bahkan sampai ditayangkan di 3 negara Eropa loh, yakni Belgia, Swiss dan Jerman.

AADC2 tembus Eropa! © Twitter.com/miralesmanaAADC2 tembus Eropa! © Twitter.com/miralesmana

Mengikuti sukses AADC, ada satu judul film jadul lain yang juga di-recycle tahun 2016 ini. Ya, judul satu ini juga pastinya juga tak asing lagi di telinga kalian, yakni Warkop DKI. Seperti diketahui, film komedi Warkop dulunya diperankan oleh trio komedian legendaris, Dono Kasino dan Indro.

Indro sebagai satu-satunya member Warkop yang tersisa tiba-tiba punya ide untuk menghidupkan kembali tayangan yang sempat membesarkan namanya tersebut. Namun bedanya, kali ini Ia ingin 'melestarikan' Warkop DKI dengan cara menunjuk trio pemeran berbeda yang lebih muda dan fresh sebagai generasi penerus dirinya. Setelah diseleksi, akhirnya terpilih nama Abimana Aryasatya (Dono), Vino G Bastian (Indro) dan juga Tora Sudiro (Indro).

Lalu bagaimana reaksi publik terhadap film recycle yang diberi judul WARKOP DKI REBORN: JANGKRIK BOS PART 1 itu? Super mencengangkan! Tak kalah dari AADC2, film garapan sutradara Anggy Umbara itu sukses menembus angka penjualan 6 juta penonton dari masa penayangan 22 hari saja. Impressive!

Dari drama, komedi, kali ini gantian judul sebuah film horor jadul yang tengah mencoba ikutan bangkit dari 'tidur'-nya, yakni JELANGKUNG. Dunia perfilman Tanah Air memang lekat dengan banyaknya rilisan film horor, namun dari semua itu, JELANGKUNG yang pertama kali dirilis tahun 2001 silam bisa dibilang sebagai salah satu yang paling sukses. Tercatat, sepanjang 2001, film garapan sutradara Rizal Mantovani itu sukses meraup angka 1,3 juta.

Belum tayang memang, namun ide untuk membuat sequel dari JELANGKUNG ini datang dari salah satu pemeran utamanya, Samuel Rizal. Si ganteng ini bahkan berinisiatif untuk mengumpulkan sederet nama pemerannya yang dulu. Sayangnya, saat ini masih Marcella Zalianty yang mengiyakan tawaran tersebut, sementara nama-nama lain masih menimbang-nimbang lagi. Mampukah film yang nahkodanya kali ini diserahkan pada sutradara Billy Christian ini sukses seperti pendahulunya? Kita tunggu saja beritanya.

Ada yang masih ingat Film 'Tusuk jelangkung'?Ada yang masih ingat Film 'Tusuk jelangkung'?

Nah, tak cuma dominasi film layar lebar yang tengah menyerang dunia perfilman Tanah Air. Kali ini gantian beberapa judul sinetron era milenium yang mulai ikutan bangkit dari 'tidur'-nya. Apa saja? Ada Jinny Oh Jinny dan juga Tuyul dan Mbak Yul.

Ya, pihak stasiun Televisi ANTV melihat sebuah celah untuk ikutan meramaikan momen 'nostalgia' dunia perfilman Tanah Air dengan menjadikan Jinny oh Jinny dan Tuyul Mbak Yul sebagai senjata andalannya untuk menaikkan rating.

Sinetron Tuyul dan Mbak Yul dulu memang sangat populer dan digilai pemirsa. Di versi aslinya, film ini diperankan oleh Oni Syahrial dan juga Dominique Sanda. Kali ini untuk versi terbarunya, sosok Pamela Bowie yang ditunjuk sebagai Mbak Yul, sementara itu Megi Irawan yang jadi sosok si tuyul.

Dan benar saja, belum lama tayang, Tuyul dan Mbak Yul Reborn ini langsung menunjukkan kontribusi kuat untuk mengantar ANTV sebagai stasiun TV dengan rating tertinggi (dalam hitungan mingguan). Lalu bagaimana dengan Jinny oh Jinny?

'Tuyul dan Mbak Yul' langusng beri kontribusi untuk ANTV © Instagram/pammybowie'Tuyul dan Mbak Yul' langusng beri kontribusi untuk ANTV © Instagram/pammybowie

Sedikit berbeda dari Tuyul dan Mbak Yul, Jinny oh Jinny tetap mengandalkan para pemain lawasnya seperti Indra L Bruggman dan juga Yusuf Surya. Sayangnya, Diana Pungky selaku pemeran utama wanita di sinetron tersebut menolak untuk berakting lagi. Posisinya pun akhirnya digantikan oleh Briana Simorangkir.

Jinny Oh Jinny Datang Lagi saat ini tengah dalam proses syuting dan rencananya bakal tayang pada sekitar akhir tahun nanti. Nah, tidak menutup kemungkinan jika setelah ini bakal banyak judul-judul tayangan jadul yang bakal di-recycle ulang, mengingat film lawas memang selalu punya ruang sendiri di hati para pemirsa.

Anyway, ada judul sientron atau film jadul yang pengen banget kalian tonton ulang? Tulis komentarmu di bawah ya!

(kpl/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING