FILM INDONESIA

Ada Dongeng Malin Kundang Dalam Film 'UPIN IPIN: KERIS SIAMANG TUNGGAL'

Jum'at, 17 Mei 2019 07:32 Penulis: Rezka Aulia

Eratnya budaya Indonesia - Malaysia menjadi inspirasi. © MNC

Kapanlagi.com - Kedekatan budaya Malaysia dan Indonesia, menjadikan beberapa kisah rakyatnya memiliki kemiripan. Hal itu yang ditunjukkan dalam cerita UPIN IPIN THE MOVIE. Ada sempilan kisan Malin Kundang di dalam UPIN IPIN: KERIS SIAMANG TUNGGAL.

Meski tak banyak, namun cerita Malin Kundang ini, merupakan bagian penting dalam petualangan Upin dan Ipin dalam membantu kerajaam Indraloka dari kekejaman Raja Bersiong.

1. Cerita Menarik

Bukan hanya cerita tentang anak yang durhaka pada orangtuanya melalui Malin Kundang, dalam Upin Ipin The Movie, ada pula cerita tentang Bawang Merah dan Bawang Putih. Menurut Titan Hermawan, Managing Director MNCP, cerita tersebut dibuat sangat menarik dan dapat diterima penonton Indonesia.

"Kita punya kemiripan dalam hal cerita (dengan Malaysia), sama-sama punya cerita Bawang merah bawang putih, cerita Malin Kundang dan mungkin beberapa cerita rakyat lainnya. Tentu dengan versi yang berbeda," ujar Titan kepada wartawan belum lama ini.

2. Kesamaan

Menurut Syed Nurfaiz Khalid, sutradara Upin Ipin The Movie, masuknya unsur cerita rakyat dalam UPIN IPIN: KERIS SIAMANG TUNGGAL, merupakan bagian dari cerita fantasi untuk membangun cerita pertualangan Ipin dan Ipin tersebut.

"Ini cerita fantasi dengan memasukkan unsur-unsur cerita yang ada di Nusantara seperti cerita Malin Kundang, versi Malaysia-nya adalah Si Tanggang. Cerita Bawang Merah Bawang Putih, hanya saja untuk versi ini yang baik justru Bawang Merahnya. Jadi ini benar-benar cerita rekaan, fantasi dan bukan cerita yang menitik beratkan sisi legendanya," ujar Syed Nurfaiz Khalid yang akrab disapa Faiz.

Upin Ipin The Movie, menceritakan tentang petualangan si kembar Upin dan Ipin dalam menjalankan misi menyelamatkan Kerajaan Indraloka dari kekejaman Raja Bersiong.

 


REKOMENDASI
TRENDING