FFI 2017 Digelar di Manado, Ketua Pelaksana Siap Datangkan Semua Nominasi

Rabu, 23 Agustus 2017 12:40 Penulis: Ayu Srikhandi
FFI 2017 Digelar di Manado, Ketua Pelaksana Siap Datangkan Semua Nominasi FFI © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Setelah berganti kepengurusan, Senin malam kemarin (21/8) panitia Festival Film Indonesia 2017 menggelar acara pembukaan untuk tahun perhelatan ke 37. Leni Lolang yang ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana pun memberitahukan bahwa FFI tahun ini akan digelar di kota Manado, Sulawesi Utara.

"Tahun ini FFI di gelar di Manado. Selain sudah ada tiga film berbasis budaya di sana, pemerintah setempat juga berkeinginan karena FFI belum pernah dilaksanakan di Manado," jelas Leni dalam acara kick off Festival Film Indonesia 2017 di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan.

Produser LAURA & MARSHA ini sadar kesulitan jarak dan transportasi siap menghadang di depan mata dengan dipilihnya Manado. Namun ia percaya diri kejadian yang lalu-lalu terkait ketiadaan aktris dan aktor pemenang tidak akan terulang.

FFI siap datangkan semua nominee ke Manado. © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoFFI siap datangkan semua nominee ke Manado. © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

"Stake holder perfilman kita kebanyakan di Jakarta. Tapi kita akan berusaha maksimal untuk mengakomodir semua nominee, semua undangan ke Manado. Karena menurut saya sebuah awarding adalah selayaknya pemenangnya yang menerima, bukan perwakilan," lanjut dia.

Selain Leni, sutradara Riri Riza turut serta di posisi penjurian. Ia merasa sistem penjurian tiga tahun ke belakang sudah bagus sehingga tetap diteruskan dengan berbagai perbaikan.

"Tiga tahun terakhir FFI membuat penilaian dengan sistem voting dan bekerja sama dengan lembaga akuntan publik terpercaya. Kita meminta asosiasi profesi merekomendasikan pilihan, lalu dewan juri akhir yang melalukan voting berdasar aspek-aspek. Jumlah juri tahun ini berkurang, ada sekitar 75 juri dan semuanya datang dari asosiasi profesi," tandas sutradara ADA APA DENGAN CINTA 2 ini dalam acara yang sama.

(kpl/abs/jje)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING