FILM INDONESIA

Film 'SILAM' Dapat Rating 17+ Dari Lembaga Sensor, Produser Ungkap Kekecewaan

Rabu, 05 Desember 2018 11:10 Penulis: Galuh Esti Nugraini

Film SILAM © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Film SILAM yang diadaptasi dari novel penulis kenamaan Risa Saraswati menggelar gala premier pada Selasa malam (4/12/2018). Saat sesi jumpa pers, Manoj Punjabi selaku produser menceritakan sebuah fakta mengganjal mengenai rating yang didapat produksi terbarunya itu.

Manoj menyayangkan SILAM yang dibuat untuk pangsa pasar 13 ke atas malah mendapat rating 17 tahun. Menurutnya, drama horor yang dibintangi aktor cilik pendatang baru bernama Zidane Khalid itu tidak memuat unsur yang perlu dikhawatirkan.

"Saya ingin sharing saja biar teman-teman media tahu. Film ini harusnya masuk kriteria 13 tahun. Kami sudah menghadap pihak sensor dua kali dan ngomong 'Kenapa ini jadi 17 tahun, kok ada beberapa film (horor) rilis di November masuk 13 tahun, kriterianya apa?'," curah Manoj ditemui di CGV Grand Indonesia, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

1. Kriteria Tak Jelas

Manoj Punjabi selaku pemilik rumah produksi kenamaan MD Pictures merasa Lembaga Sensor Film tidak memiliki kriteria yang pasti untuk film masuk rating 13 tahun ke atas dan 17 tahun ke atas. Ia bahkan menyebut sistem sensor seperti mengocok arisan.

"Saya nggak jelas kriteria mereka apa, ada film 13 tahun dan 17 tahun kriterianya apa? Kalau saya lihatnya mereka nggak ada penilaian yang tepat atau yang tetap. Lebih seperti, ya udah ini 17, ya udah ini 13, seperti kocok arisan," urainya.

2. Gara-Gara Film 'THE NUN'

Lebih lanjut, Manoj Punjabi mengungkap jika Lembaga Sensor Film sempat mendapat complain terkait THE NUN yang mendapat rating 13 tahun. Ada beberapa materi yang dianggap untuk konsumsi dewasa.

"Kata mereka setelah film THE NUN masuk usia 13 tahun, banyak complain. Jadi ini pertanyaannya: kenapa sih, apa sih? Kita harus punya sensor yang lebih jelas. Kriteria kita apa, film apa yang ditentukan 13 tahun, mana yang 17 tahun. Oke, kalau mau 17, konsisten semua (film horor) masuk 17. Jadi kita tahu kalau film horor itu 17 tahun," pungkas Manoj.

SILAM yang disutradarai oleh Jose Poernomo mengisahkan Baskara, anak berusia 10 tahun yang kabur dari rumah karena tak tahan selalu dimarahi ibunya. Saat menginap di rumah pamannya, ia malah mendapat teror dari arwah penasaran.


REKOMENDASI
TRENDING