FILM INDONESIA

Dibintangi Anya Geraldine, 'TUSUK JELANGKUNG' Bukan Sekuel atau Remake

Selasa, 04 Desember 2018 11:30 Penulis: Guntur Merdekawan

Anya Geraldine main film horor / Credit: KapanLagi - Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Kesuksesan luar biasa yang diterima film JELANGKUNG (2011) menghasilkan sebuah sekuel bertajuk TUSUK JELANGKUNG (2002). 16 tahun berlalu setelah perilisan horor adventure besutan Dimas Djayadiningrat tersebut, Erwin Arnada yang dulu duduk sebagai penulis cerita serta eksekutif produser kembali membuat film dengan judul serupa.

Erwin mengatakan bila TUSUK JELANGKUNG yang ia sutradarai bukan sekuel atau remake, melainkan film dengan cerita baru yang berusaha merevitalisasi film pendahulunya. Judul dari versi barunya pun sedikit berubah.

"Saya pengin re-call tentang boneka jelangkung, lalu dibikin judul TUSUK JELANGKUNG DI LUBANG BUAYA. Secara cerita memang nggak ada hubungannya, saya revitalisasi kembali dengan memasukkan unsur seperti karakter yang seorang vlogger, supaya lebih milenial," kata Erwin dalam jumpa pers di Epicentrum XXI, kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (3/12/2018).

1. Pemilihan Taman Lubang Buaya

Pemakaian kata Lubang Buaya dalam judul seolah film ini berkaitan dengan unsur PKI. Erwin Arnada selaku sutradara membantah hal itu karena di Bali ada salah satu tempat bernama Taman Lubang Buaya yang terkenal angker.

"Kenapa ada kata Lubang Buaya, karena di Bali ada taman untuk pertunjukkan buaya yang sudah sepuluh tahun terbengkalai. Tempat itu terkenal sebagai tempat angker dan sering dipakai untuk acara mencari hantu di beberapa program televisi. Saat saya tanya ke beberapa penulis gimana kalau ada permainan jelangkung di Lubang Buaya, katanya bakal keren. Akhirnya dibuatlah judul itu," jelas pria yang pernah berprofesi sebagai wartawan ini.

2. Cocok Untuk Milenial

Mengingat kata revitalisasi yang berarti menghidupkan kembali sesuatu yang pernah ada, Erwin Arnada membuat banyak pembaruan dalam TUSUK JELANGKUNG DI LUBANG BUAYA. Kehadiran bintang-bintang muda seperti Anya GeraldineNino Kozok dan Rayn Wijaya seolah mempresentasikan karakter anak muda masa kini.

Akan rilis di bioskop pada 6 Desember mendatang, film ini menyorot vlogger bernama Sisi yang terkenal berkat konten-konten horornya. Saat merayakan satu juta suscriber dengan berkunjung ke Taman Lubang Buaya, ia malah terjebak dalam dimensi arwah. Sebagai adik, Arik lalu melakukan pencarian dibantu pacarnya bernama Mayang yang tak lain teman sepermainan Sisi. 


REKOMENDASI
TRENDING