FILM INDONESIA

Joko Anwar Sebut Biaya Syuting 'VIRGO AND THE SPARKLINGS' dan 'SRI ASIH' Membengkak Karena Pandemi

Senin, 07 Desember 2020 19:35 Penulis: Guntur Merdekawan

Joko Anwar / Credit: KapanLagi - Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Setelah sukses sutradarai film GUNDALA, kini Joko Anwar memproduseri 2 film lain dari Jagat Sinema Bumilangit, VIRGO AND THE SPARKLINGS dan SRI ASIH. Progress dari produksi 2 film itu sendiri berbeda, di mana salah satu sudah hampir selesai, sementara lainnya baru akan dimulai.

"Aku jadi produser sekarang, di Virgo And The Sparklings dan Sri Asih. Keduanya aku produseri dan masih on progres, tapi ada juga yang hampir sudah," ungkap Joko Anwar saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat belum lama ini.

1. Biaya Syuting Lebih Mahal

Karena kini Indonesia masih dalam situasi pandemi akibat Covid-19, tentunya Joko Anwar sebagai seorang produser mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan. Oleh karena hal itu, diakui olehnya biaya untuk memproduksi sebuah film pun jadi bertambah.

"Kita sangat memegang teguh protokol kesehatan. Syuting biasanya 16 jam sekarang cuma 11 atau 12 jam, ini kan otomatis nambah syuting days, biaya nambah. Jadi bisa dibilang biaya yang nambah buat nerapin protokol kesehatan ini bisa sepuluh persen, karena kita tiap 14 hari tes kan, yang paling nggak swab antigen," ujarnya.

2. Sudah Siapkan Film Baru untuk Tahun 2023

Selain itu, Joko mengatakan sutradara setidaknya membutuhkan waktu 2 tahun untuk mempersiapkan fim yang akan digarap. Rencananya, Joko Anwar akan mulai menyutradarai sebuah film pada tahun 2023 mendatang.

"Kalau bikin film sebagai sutradara itu butuh persiapan 2 tahun. Tahun 2019 kan Gundala, nah mungkin tahun 2023 saya akan syuting lagi," pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING