FILM INDONESIA

Misteri Lokasi 'KKN DI DESA PENARI' yang Hingga Kini Masih Mengundang Tanda Tanya, Banyuwangi Jadi Indikasi Terkuat

Kamis, 28 April 2022 02:33

Banyuwangi diduga sebagai lokasi 'KKN DI DESA PENARI' / Credit: Dokumentasi Pribadi

Kapanlagi.com - Tahun 2019 silam, Twitter dibuat heboh bukan main atas kemunculan sebuah utas bernama KKN di Desa Penari yang ditulis oleh seorang user bernama Simpleman. Salah satu alasan kenapa cerita itu bisa viral adalah karena dugaan jika kisah tersebut diambil dari sebuah kisah nyata.

Sedikit flashback, KKN di Desa Penari menceritakan tentang 6 orang mahasiswa yang sedang menjalankan program kuliah kerja nyata (KKN) di sebuah desa terpencil di Jawa Timur. Selama program KKN berlangsung, mereka mengalami segudang kejadian mistis, salah satunya teror dari seorang hantu penari cantik yang pada akhirnya merenggut nyawa 2 orang mahasiswa.

Nah di sepanjang thread tersebut, Simpleman selaku sang pembuat utas sama sekali tidak menyebutkan detail lokasi dengan jelas. Meskipun begitu, Ia melabeli beberapa nama daerah hingga kotanya dengan huruf alfabet, seperti Kota B yang disebut sebagai lokasi KKN, kota S yang merupakan asal dari perguruan tinggi para mahasiswa tersebut, Hutan D, Desa W Kabupaten K dan beberapa lainnya.

Gara-gara tidak ada kejelassan yang dibeberkan oleh sang pembuat utas tentang lokasinya, netizen pun jadi penasaran bukan main. Bahkan, beberapa di antara mereka mulai berlomba-lomba untuk melakukan analisa sendiri untuk memecahkan misteri lokasi keberadaan dari 'desa penari' itu.

1. Kota B Digadang Sebagai Banyuwangi

Sebagian orang mungkin sudah tidak lagi tertarik atau peduli dengan misteri lokasi KKN di Desa Penari, mengingat ceritanya viral sekitar 3 tahun silam. Namun rasa penasaran itu kembali muncul, karena kisah viral itu diangkat oleh MD Pictures jadi sebuah film layar lebar dengan judul serupa; KKN DI DESA PENARI yang rencananya bakal tayang pada 30 April 2022 mendatang.

So, kembali ke bahasan misteri lokasi dari KKN di Desa Penari. Banyak yang menduga jika Banyuwangi adalah tempat kejadian perkara (TKP). Beberapa alasannya:

1. Simpleman menyebut kejadian itu terjadi di Kota B, Jawa Timur. Nah salah satu lokasi yang cocok dengan inisial tersebut tak lain adalah Banyuwangi.
2. Banyuwangi sejak dulu dikenal dengan berbagai kisah mistisnya.
3. Banyuwangi juga dikenal akan seni tarinya. Bahkan terdapat patung seorang penari yang menyambut pengunjung ketika datang di sana.

2. Hutan D dan Desa W

Lalu bagaimana dengan desa di tengah hutan yang diceritakan pada kisah tersebut? Ada beberapa spekulasi yang bermunculan terkait lokasi kejadian yang sebenarnya dari KKN tersebut. Salah satunya seperti yang diungkap oleh salah satu akun bernama @mirrorgenk di Instagram berikut:

"Jadi kode B adalah Banyuwangi. Hutan D adalah Darungan. Desa W adalah dusun Wongsokerto. Kota K adalah kecamatan Kalibaru. Melalui kota J adalah Jember. Jember Kalibaru nggak sampe sejam ya," tulis postingan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
A post shared by MC Couple (@mc.couple2002)
Lewat unggahan itu dijelaskan secara detail tentang dugaan lokasi KKN ada di Desa Wongsokerto, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi. Dijelaskan bahwa untuk menuju desa itu, harus menempuh perjalanan melalui Dusun Wonorejo kemudian naik ke utara. Lalu dari arah Gunung Raung dengan jalan masih teraspal, di sisi arah Raung terdapat jalan setapak dari tanah ke kanan atau arah timur. Dari sana, jalan tidak bisa lagi dilewati mobil dan bertemu dengan petak hutan milik PTPN dan beberapa rumah penduduk.

Meski dari analisa di atas, hampir semua ciri-ciri yang dijelaskan sama dengan yang diceritakan Simpleman di thread KKN di Desa Penari, namun hingga saat ini belum ada statement resmi atau kepastian mengenai lokasi tersebut. Artinya, semua masih serba abu-abu.

3. ATS 'KKN DI DESA PENARI' Laris Manis

Seperti diketahui, hype film KKN DI DESA PENARI sendiri sudah begitu tinggi jelang penayangan perdananya di bioskop tanggal 30 April 2022 mendatang. Meski belum tayang, believe it or not, advanced TIcket Sales (ATS) dari KKN DI DESA PENARI sudah begitu laris manis bak kacang di berbagai kota. Kabar itu disampaikan sendiri oleh sang sutradara, Awi Suryadi melalui sebuah cuitan di akun Twitter resminya.

"Jogja, Solo, Pekalongan, Semarang sudah siap ketemu Badarawuhi! @bicaraboxoffice @txtanakbioskop @cinema21 @SimpleM81378523 @KKNMovie," tulis Awi pada postingannya sambil mengunggah foto bukti jika seat sudah hampir penuh sesak.

4. Simak Final Trailernya!

(kpl/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING