6 Fakta Menarik Ajang OSCAR Academy Awards 2019

Sabtu, 23 Februari 2019 19:41 Penulis: Editor KapanLagi.com
6 Fakta Menarik Ajang OSCAR Academy Awards 2019 OSCAR 2019 Nominee Luncheon © OSCAR

Kapanlagi.com - Penghargaan insan Hollywood yang paling didambakan akan segera diadakan pada hari Minggu, 24 Februari. Perhelatan akbar Academy Awards ke-91 atau OSCAR 2019 ini tentu sangat ditunggu. Patung-patung emas tersebut siap dibagikan di Dolby Theatre, LA, AS dengan 24 kategori. Ingin tahu apa saja fakta-fakta di balik upacara penghargaan bergengsi itu? Yuk kita simak.

1. Tanpa Pembawa Acara

Dilansir dari Forbes. Untuk pertama kali dalam tiga dekade, sejak tahun 1989 setelah Academy Awards ke-61 digelar. OSCAR akan kembali hadir tanpa pembawa acara. Hal ini dinyatakan oleh ABC Entertainment dengan tujuan acara lebih fokus pada para selebriti yang mengumumkan para pemenang.

Piala OSCAR © instagram.com/theacademyPiala OSCAR © instagram.com/theacademy

2. Biaya Yang Tidak Sedikit

Digelar sebagai ajang perfilman paling bergengsi di Amerika Serikat, OSCAR digelar dengan biaya yang tidak murah. Piala yang paling dimimpikan aktor dan aktris Hollywood saja berlapis emas 24 karat. Memiliki nilai US$ 400. AMPAS juga harus menggelontorkan US$ 44 juta untuk menggelar OSCAR. Untuk para selebriti yang hadir, AMPAS menyediakan goodie bag senilai US$ 150.000 serta US$ 266.000 untuk menghadirinya. Belum cukup? Dikabarkan untuk menghadiri after party termahal, yakni Pesta Vanity Fair OSCAR juga membutuhkan biaya US$ 103.220. 

3. Banyak Negara Yang Terlibat

Ajang penghargaan tertua yang pertama kali diadakan tahun 1929 di Hotel Hollywood Roosevent, LA, AS ini mulai disiarkan secara langsung di televisi pada tahun 1953. Kini ia telah ditayangkan di 225 negara. Dengan beragam film yang dikirimkan oleh berbagai negara untuk dipertimbangkan masuk dalam nominasinya. Untuk tahun ini, kelima negara yang berhasil mengisi nominasi Film Berbahasa Asing Terbaik adalah Jerman, Jepang, Lebanon, Meksiko, dan Polandia.

4. Nomine Best Picture

Tiga film yang masuk dalam nominasi ini diantaranya VICE, GREEN BOOK, dan BOHEMIAN RHAPSODY yang memenangkan Golden Globes untuk film drama terbaik. Disusul oleh BLACK PANTHER, nominasi Best Picture pertama berdasarkan buku komik yang memiliki anggaran US$ 200 juta dengan penjualan tiket lebih dari US$ 700 juta. Melengkapi daftar film di atas, ada juga THE FAVOURITE, A STAR IS BORN, BLACKKKLANSMAN dan ROMA.

Lady Gaga saat menghadiri OSCAR 2019 Nominee Luncheon © OSCARLady Gaga saat menghadiri OSCAR 2019 Nominee Luncheon © OSCAR

5. Film Berdurasi Terpanjang

Semakin bertambahnya tahun, durasi film semakin menurun. Pada tahun 1939 film pemenang Best Picture yakni GONE WITH THE WIND memiliki durasi terlama 238 menit, berbeda jauh dengan sekarang. Film terpanjang dalam jajaran nomine tahun ini berdurasi 136 menit, yakni A STAR IS BORN

Willem Dafoe saat menghadiri OSCAR 2019 Nominee Luncheon © OSCARWillem Dafoe saat menghadiri OSCAR 2019 Nominee Luncheon © OSCAR

6. Dapat Nominasi Dua Tahun Berturut

Willem Dofoe yang mendapat nominasi Actor in a Supporting Role (THE FLORIDA PROJECT) tahun lalu, kini masuk dalam nominasi Actor in a Leading Role (AT ETERNITY'S GATE). Sedangkan Sam Rockwell untuk Actor in a Supporting Role dalam Three Billboards Outside Ebbing, Missouri pada tahun 2018, kembali hadir mengisi nominasi Actor in a Leading Role (VICE) tahun 2019.

Yalitza Aparicio saat menghadiri OSCAR 2019 Nominee Luncheon © OSCARYalitza Aparicio saat menghadiri OSCAR 2019 Nominee Luncheon © OSCAR

7. Film Streaming Pertama

ROMA, film yang digarap oleh Alfonso Cuaron, sutradara yang masuk dalam empat nominasi di empat kategori penghargaan berbeda untuk film yang sama. Berhasil menjadi film streaming Netflix pertama yang masuk dalam nominasi Best Picture. Selain itu, film ini juga mengisi nominasi film berbahasa asing ke-10. Yalitza Aparicio tokoh utama film tersebut pun sukses masuk dalam nominasi aktris terbaik OSCAR tahun ini, meskipun ROMA adalah karir pertamanya dalam dunia peran. 

Kira-kira siapa yang akan membawa pulang piala OSCAR 2019? Apakah idola kamu salah satunya?

Penulis: Annesa K. Ramadhany

 

 

 

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING