FILM INTERNASIONAL

Selain 'JOHN WICK 3', 6 Film Hollywood Ini Juga Pakai Dialog Bahasa Indonesia!

Kamis, 16 Mei 2019 14:57 Penulis: Tyssa Madelina

Film JOHN WICK pakai dialog bahasa Indonesia (Credit: Istimewa)

Kapanlagi.com - Film JOHN WICK 3 sudah mulai tayang di bioskop kesayangan. Selain kehadiran aktor Keanu Reeves yang mencuri perhatian ternyata film itu juga viral lantaran ada dialog bahasa Indonesia yang digunakan di dalamnya.

Menurut penuturan dua aktor laga kebanggaan Indonesia, Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman yang ikut bermain di film itu, permintaan adanya dialog bahasa Indonesia disampaikan langsung oleh sang aktor utama Keanu Reeves. Kalau yang udah nonton filmnya pasti tahu nih, kira-kira kalimat apa yang disampaikan oleh John Wick.

Meski dinilai sangat membanggakan, ternyata ini bukan pertama kalinya bahasa Indonesia digunakan di film Hollywood. Masih ada enam film lain selain JOHN WICK 3, apa saja ya?

1. FAST & FURIOUS 6

Film yang dibintangi Vin Diesel ini juga mengikutsertakan aktor Indonesia, Joe Taslim di dalamnya. Di situ, ia berperan sebagai Jah, salah seorang pengemudi mobil anggota gank Shawn.

Saat akan melawan Dom (Vin Diesel), Joe berteriak lantang ke pengemudi lain untuk memulai pertarungan. "Hantam mereka!" ujar Joe Taslim.

Saat melihat film itu di bioskop, pria berusia 37 tahun itu mengaku senang luar biasa karena adegannya yang memakai bahasa Indonesia tidak dipotong oleh sutradara, Justin Lin. Bahkan sesaat sebelum syuting, Justin sendiri yang meminta Joe dan pemeran lainnya untuk menggunakan bahasa masing-masing.

2. MINIONS

Polah lucu makhluk berwarna kuning dalam film MINIONS ini sempat bikin geger bioskop Tanah Air di pertengahan tahun 2015 silam. Pasalnya ada beberapa adegan di mana para minion mengucapkan kalimat berbahasa Indonesia yang terdengar tidak asing di telinga.

Yang pertama saat ketiga minion, Kevin, Stuart dan Bob menunggu mobil untuk mengangkut mereka ke Orlando, salah satu dari mereka pun mengatakan kata 'kemari' untuk memanggil temannya. Momen kedua adalah saat Ratu Elizabeth II memberi mereka hadiah dan sontak Bob pun mengucapkan 'terima kasih'.

Lalu yang terakhir, ada di adegan saat Stuart mendapat hadiah gitar listrik dari sang Ratu. Ia pun menyebut benda itu dengan 'ukulele'.

3. THE ACCOUNTANT

Film yang dirilis tahun 2016 dan dibintangi oleh Ben Affleck ini menyajikan jalan cerita soal akuntan jenius dan ahli bela diri bernama Christian Wolff. Lantaran mengidap autis, sang ayah pun mengarahkan Wolff untuk melakukan berbagai kegiatan.

Ada satu adegan di mana Wolff, ayah dan adiknya, Braxton singgah ke Indonesia. Di situ Wolff dan Brax tampak berlatih pencak silat sampai kelelahan hingga sang pelatih meminta mereka untuk berhenti.

Namun Wolff justru meminta sesi latihannya tetap dilanjutkan. "Tidak apa-apa, lanjutkan saja," ucap Wolff dengan aksen bahasa Indonesia yang fasih.

4. MILE 22

Iko Uwais menjadi salah satu aktor yang punya peran cukup besar di film MILE 22. Selain menyuguhkan silat khas Indonesia, ternyata Iko juga menggunakan bahasa Ibu di film tersebut.

MILE 22 memang tidak menerangkan secara spesifik asal muasal Li Noor, tokoh yang diperankan oleh Iko. Ia dikisahkan sebagai seorang polisi yang berasa dari sebuah negara fiksi di Asia Selatan.

Selain Iko, ada pula aktris yang ikut memakai bahasa Indonesia di MILE 22, salah satunya adalah Lauren Cohen. "Lu bohongin gua," begitu lah kalimat yang diucapkan oleh Lauren saat melakukan adegan interogasi dengan Iko.

5. ALEX CROSS

Tak hanya menggunakan percakapan dalam bahasa Indonesia, film ALEX CROSS juga mengambil lokasi syuting di Pulau Dewata. Ceritanya, ada seorang gembong narkoba bernama Leon Mercier (Jean Reno) yang bersembunyi di Desa Karangasem, Bali.

Saat syuting di Bali sebenarnya banyak sekali percakapan bahasa Indonesia yang muncul. Pada akhir ceritanya pun, sang aktor utama Alex Cross tampak mengucapkan kalimat 'terima kasih' kepada salah seorang polisi Indonesia.

6. ANACONDAS: THE HUNT FOR THE BLOOD ORCHID

Di film ini, diceritakan kalau ada tumbuhan blood orchid yang langka dan dipercaya bisa memperpanjang umur tertanam di hutan yang terletak di Borneo. Sekelompok scientist pun nekat ke sana dan meminta bantuan dari salah seorang penduduk lokal.

Ada satu scene kocak di mana salah seorang aktornya mengucapkan dialog bahasa Indonesia namun kurang bisa dipahami. "Kami dengar anda bisa membawa kita orang... ke hulu shanghai (sungai)," ujarnya ke salah seorang penduduk lokal.

Sang guide pun hanya tertawa dan menyebut bahasa Indonesia aktor tersebut sangat buruk. Well, di antara sederet film di atas, mana saja yang sudah kalian tonton?


REKOMENDASI
TRENDING