Ada 50 Ribu Ki Joko Bodo Palsu Yang Ngomong Taubat

Sabtu, 06 September 2014 08:11 Penulis: Darmadi Sasongko
Ada 50 Ribu Ki Joko Bodo Palsu Yang Ngomong Taubat Ki Joko Bodo Saat Masih Gondrong © KapanLagi.com
Kapanlagi.com - Ki Joko Bodo keberatan dikatakan sudah taubat. Dia juga menolak perubahan dirinya dikaitkan dengan masa lalunya yang dianggap kafir karena amalan-amalan sebagai paranormal.

"Aku nggak enak sama temen media, kok aku dibilang tobat, padahal aku ini Islam dari kecil. Mungkin itu Ki Joko palsu. Ada 50 ribu lebih yang ngaku Joko Bodo. Saya merasa dibunuh karakter saya dibilang tobat, saya itu Islam dari kecil," kata Ki Joko Bodo saat dijumpai di kawasan Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Jumat (29/8) lalu.

Ki Joko memutuskan untuk meninggalkan dunia paranormal yang selama ini digelutinya. Penampilannya kini tidak lagi gondrong dan berjenggot panjang, aktivitasnya juga tidak lagi duduk melayani pasien yang sedang terkena santet.

"Dari dulu agama aku muslim. Aku nggak kafir, paranormal itu orang yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jangan dikaitkan agama soal perubahan (penampilan). Aku nggak ada yang berubah, cuma cukur kumis aja," tukasnya.

Bagi pria yang memiliki koleksi benda pusaka ini menegaskan bahwa dirinya tidak ingin perubahan yang dilakukan dikaitkan dengan agama. Dia merasa tidak ada yang berubah antara Ki Joko Bodo dulu dengan yang sekarang.

"Jangan dikaitkan agama soal perubahan. Aku nggak ada yang berubah, cuma cukur kumis aja," tukasnya.

Sementara dengan pemberitaan yang menyebutnya taubat, tidak lantas membuat hatinya sakit. Dia tidak ingin melakukan tindakan hukum atau apapun yang lain.

"Aku nggak nuntut mereka, yang Ki Joko palsu itu yang ngomong ke media bilang tobat. Aku nggak jahat. Biar mereka tumbuh dan berkembang," terangnya.

(kpl/aal/dar)

Reporter:

Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING