SELEBRITI

Ahmad Dhani Bakal Buat Raffi Ahmad Jadi The Real Sultan Dengan Memberi Fasilitas Baru di Rumah Andara

Sabtu, 19 Maret 2022 14:20

Ahmad Dhani dan Raffi Ahmad (credit:Istimewa)

Kapanlagi.com - Musisi Ahmad Dhani berencana akan meluncurkan sebuah aplikasi karaoke yang diberi nama Dewa 19 Karaoke, yang diklaim bisa membantu menyejahterakan musisi dan pencipta lagu di Indonesia. Suami Mulan Jameela itu mengatakan kalau aplikasi tersebut bisa dinikmati masyarakat di rumah masing-masing. Jadi tak perlu repot-repot lagi kalau mau berkaraoke.

Salah satu hal yang dilakukannya adalah mendatangi Raffi Ahmad. Dhani tak menyangka jika Raffi Ahmad yang mendapat julukan Sultan Andara tak memiliki ruang karaoke khusus di rumahnya.

"Karena ternyata Raffi Ahmad aja yang kita kenal sebagai Sultan Andara belum punya karaoke di rumahnya," ucap Dhani dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Jumat (18/3/2022).

1. Buatkan Karaoke Buat Raffi

Untuk itu, Ahmad Dhani akan membuatkan satu ruang karaoke khusus dengan menggunakan aplikasi tersebut. Dia ingin menjadikan Raffi Ahmad the real sultan.

"Dan mungkin Raffi Ahmad ini akan menjadi satu orang pertama yang kita buatkan karaoke di rumahnya supaya benar-benar menjadi The Real Sultan punya karaoke di rumahnya dan itu tidak sulit," kata Dhani.

2. Tidak Menguras Kantong

Dhani mengatakan jika aplikasi tersebut juga tak terlalu menguras kantong. Langkah awalnya, Dhani mematok harga promosi sebesar Rp 35.000 untuk layanan karaoke tersebut selama dua jam.

Selain itu, aplikasi Karaoke itu diharapkan menjadi pemecah masalah royalti musik yang selama ini masih banyak jadi perdebatan. Biasanya, setiap musisi dan penulis lagu hanya mendapatkan sejumlah uang sebagai royalti dari Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) tanpa pernah mengetahui angka pasti berapa karya mereka yang digunakan.

3. Terkait Royalti

Dari rumah karaoke di seluruh Indonesia, LMKN biasanya menarik rata uang sebesar Rp 12.000 per kamar per hari. Setelah uangnya terkumpul, lalu dibagikan ke setiap musisi dan label rekaman tanpa kejelasan angka secara terbuka.

Jadi, lewat aplikasi Dewa 19 Karaoke, Ahmad Dhani menawarkan sebuah solusi transparansi data dari dunia karaoke yang kabarnya menyumbang 60 persen pendapatan dari keseluruhan royalti dari berbagai sumber.

4. Bisa Dilacak

Hal tersebut lantaran aplikasi tersebut bisa melacak secara pasti angka-angka dari lagu yang digunakan dalam karaoke di seluruh Indonesia untuk kemudian dibagikan hasil royaltinya kepada para penulis lagunya.

"Nah, dengan aplikasi Dewa 19 Karaoke ini itu siapapun tidak hanya LMKN, pencipta lagunya pun, bisa mengakses melalui dashboard dari aplikasinya," tutup Ahmad Dhani.

(kpl/aal/pit)


REKOMENDASI
TRENDING