SELEBRITI

Akui Bersalah, Jeff Smith Pinta Ganja Tidak Masuk Narkotika Golongan 1

Selasa, 20 April 2021 12:24 Penulis: Gilang Kurniawan

Jeff smith: KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kepemilikan narkoba jenis ganja. Aktor Jeff Smith meminta maaf kepada sejumlah pihak terkait dirinya yang telah menyalahgunakan narkotika jenis ganja.

"Pertama-tama saya minta maaf terhadap keluarga besar saya dan orang orang yang saya sayangi dan juga saya ingin minta maaf kepada seluruh warga Indonesia karena saya telah melakukan hal yang tidak baik dan melakukan hal yang tidak patut dicontoh," kata Jeff Smith di Polres Metro Jakarta Barat, Senin (19/4/2021).

 

 

 

1. Keresahan Jeff Smith

Dalam kesempatan itu juga, pria 23 tahun tersebut mengeluarkan uneg-unegnya menyangkut masalah ganja. Namun sayang, uneg-unegnya dihentikan pihak kepolisian karena dianggap meracau.

"Selanjutnya menurut saya ganja tidak layak dikategorikan narkotika golongan 1 dan secepatnya Indonesia harus melakukan penelitian," tutur Jeff Smith.

 

2. Hukuman Serius Bagi Pengonsumsi Ganja

Perlu diketahui, di Indonesia ganja masuk dalam golongan 1 Undang Undang narkotika, sama dengan sabu, kokain, opium, dan heroin.

Pasal 8 ayat (1) Undang Undang Nomor 35  tahun 2009 tentang narkotika menjelaskan narkotika golongan 1 dilarang digunakan untuk kepentingan kesehatan. 

UU 35 tahun 2009 juga melarang konsumsi, produksi, hingga distribusi. Bagi orang yang memproduksi dan mendistribusikan akan dikenakan hukuman pidana penjara maksimal seumur hidup atau hukuman mati dan bagi penyalahguna akan diancam minimal 4 tahun penjara.

Menariknya, pada 2020 lalu Perserikatan Bangsa Bangsa merestui rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menghapus ganja dari kategori obat paling berbahaya di dunia dan bisa digunakan untuk keperluan medis.


REKOMENDASI
TRENDING