Amerika Punya Hollywood, di Indonesia Ada Tangkiwood

Selasa, 09 Februari 2016 13:35 Penulis: Guntur Merdekawan
Amerika Punya Hollywood, di Indonesia Ada Tangkiwood Deni Cagur - Edric Tjandra © KapanLagi.com®/Hendra Gunawan
Kapanlagi.com - Jika di Amerika ada yang namanya Hollywood, India ada Bollywood, di Indonesia juga punya Tangkiwood. Tangkiwood adalah sebuah kawasan yang terletak di kelurahan Tangki, di sekitar taman hiburan Lokasari, Jakarta Barat. Tak berbeda jauh dengan Hollywood dan Bollywood, Tangkiwood merupakan kawasan tempat di mana artis-artis tempo dulu tinggal dan nongkrong.

Wolly Sutinah alias Mak Uwo, Tan Tjen Bok atau Pak Item, Fifi Young, Bing Slamet, Edi Sud, Ateng, Iskak, Leila Sari adalah sederet seleb yang pernah besar di sana. Sayangnya, kini nama Tangkiwood perlahan mulai menghilang.

Beberapa artis muda seperti Raffi Ahmad, Deni Cagur, Andhika Pratama, Baim Wong, Kartika Putri, Sultan Djorghie, Annisa Trihapsari, Irfan Hakim, Edric Tjandra, Gading Marten, Ruben Onsu, Julia Perez, hingga Zaskia Gotik punya inisiatif untuk mengembalikan nama Tangkiwood. Caranya, mereka akan membuat sebuah wahana food court, fashion dan entertainment unik di GP Mall, Bekasi Timur di mana usaha-usaha artis ada di sana.

"Antusias banget ya. Kita bisa bisnis kayak teman-teman lain, ya bareng aja usahanya. Nantinya di sini banyak dari artis-artis lainnya, ada fashion dan beberapa usaha lain," ujar Deni melalui surat elektronik.

"Kita lihat kalau ada yang bisa dijual akan dijual, yang penting duit," timpal Edric.

Tangkiwood akan bangkit lagi © KapanLagi.com®/Hendra GunawanTangkiwood akan bangkit lagi © KapanLagi.com®/Hendra Gunawan

Di Tangkiwood, para artis menawarkan bisnis mereka, seperti Zaskia yang memperkenalkan usaha Bebek Gotik, Baim dengan usaha bakmi ayamnnya. Sementara Deni membuka usaha arena billiard dilengkapi fasilitas kafe dengan menu makanan tradisional Betawi yang diberi nama Bang Jali.

Ide penggunaan nama Tangkiwood dicetuskan oleh sutradara dan produser kawakan Indonesia, Richard Buntario. Rencananya, Tangkiwood akan dibuka di beberapa tempat di kota-kota besar di Indonesia.

"Nanti berikutnya ada di beberapa kota di Indonesia, diharapkan produk mereka dikenal luas masyarakat. Ini membuktikan banyak artis nggak hanya pandai di layar kaca tapi mereka pinter bisnis," tandas Richard.

(kpl/hen/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING