Annisa Pohan Berharap Masyarakat Lestarikan Batik

Kamis, 07 April 2011 14:23 Penulis: Fajar Adhityo
Annisa Pohan Berharap Masyarakat Lestarikan Batik Annisa Pohan Foto: Deni
Kapanlagi.com - Dijumpai di acara grand opening boutique Alleira, Annisa Pohan yang menjadi duta besar produk tersebut mengungkapkan jika batik adalah warisan nenek moyang yang harus dilestarikan. Dia pun berharap jika semua masyarakat bisa menghargai batik.

Annisa sendiri juga berkeinginan suatu saat nanti ada orang Indonesia yang melakukan riset terhadap batik agar semua orang bisa mengetahui sejarahnya. Pasalnya selama ini hanya orang luar yang telah melakukan riset dan menuliskannya dalam sebuah buku.

"Karena saat inikan jarang sekali orang lokal yang mendalami atau riset tentang batik dalam bentuk buku misalnya. Seperti kemarin, saya dapat kiriman buku dari Jerman yang berisi penelitian mendalam tentang batik. Saya sangat bangga melihat hal itu, tapi alangkah baiknya kalau orang Indonesia yang terpacu membuat hal yang sama," paparnya.

Annisa mengatakan bahwa koleksi batik di Alleira sangat lah banyak. Tak hanya untuk orang dewasa saja bahkan anak kecil pun juga ada. Berbagai macam desain pun juga tersedia.

"Banyak. Lebih banyak daripada saya. Mungkin anak kecil yang punya batik terbanyak. Karena setiap bulan, kita keluarkan produk baru. Sebulan kan bisa ada dua, belum kalau ada event tambahan," ujarnya.

Lantas desain batik yang sering dipakai lebih sering keinginan sendiri? Kalau untuk saya, sangat jarang intervensi terlalu jauh seperti motifnya. Karena itukan karya seni dan pengrajinnya lebih ahli daripada saya. Jadi saya percayakan pada mereka dan menghargai karya," tukasnya saat dijumpai di Gandaria City, Jakarta, Rabu (6/4).      

(kpl/dis/faj)

Editor:

Fajar Adhityo


REKOMENDASI
TRENDING