SELEBRITI

Begini Kronologi Ustaz Solmed Saat Ditahan di Imigrasi Singapura

Agista Rully  |  Jum'at, 09 Juni 2017 08:55

Begini Kronologi Ustaz Solmed Saat Ditahan di Imigrasi Singapura

Kapanlagi.com - Sabtu (03/06) merupakan hari yang tidak diduga oleh Ustaz Sholeh Mahmud. Penceramah yang akrab disapa Ustaz Solmed ini ditahan di bagian imigrasi Bandara Changi, Singapura tanpa alasan yang jelas. Tak tanggung-tanggung, dirinya bahkan harus berdiam diri di ruang isolasi selama 10 jam hingga akhirnya diperbolehkan pulang.

"Jadi ceritanya, saya dan kawan Ustaz Surohbil itu menengok ayah kawan saya yang sedang sakit di RS St. Mount Elizabeth, Singapura. Seperti biasa, namanya orang mau jalan, pulang pergi bawanya gak banyak," jelas Ustaz Solmed saat dihubungi via telepon oleh KapanLagi.com®.

"Cuma bawa kebutuhan untuk naik taksi, uang seadanya. Saya sudah keluar dari pemeriksaan imigrasi, sudah lewat dan dapat stempel. Nggak lama, saya dipanggil untuk diinterogasi. Padahal udah lolos dari imigrasi dan dapat stempel," imbuh suami April Jasmine ini.

Ustaz Solmed ditahan 10 jam di Bandara Changi tanpa alasan yang jelas dan dimintai informasi pribadi © KapanLagi.com®/Agus ApriyantoUstaz Solmed ditahan 10 jam di Bandara Changi tanpa alasan yang jelas dan dimintai informasi pribadi © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

"Kemudian saya dibawa untuk diinterogasi, dia (petugas) tanya nama, pekerjaan, istri, anak, mau apa keperluannya. Sampai ke urusan yang privat seperti kartu kredit, kartu bank, bawa uang berapa, media sosial, e-mail, dan nomor telepon. Semua saya berikan," ujar Ustaz yang populer lewat sinetron Pesantren dan Rock n Roll ini.

"Saya sempat tanya ke kawan di awal-awal interogasi, apakah ada sesuatu yang tidak biasa? Nah, kawan saya bilang nggak apa-apa paling sejam dua jam aja." Ustaz Solmed percaya saja atas ucapan temannya yang mengatakan bahwa pemerintah Singapura kadang melakukan pemeriksaan secara acak pada penumpang pesawat.

"Ternyata bukan cuma 1-2 jam tapi sampai 6 jam. Saya mulai khawatir, makanya saya tulis di twitter. Saat itu saya coba telepon ke KBRI tidak diangkat, saya telepon dua kali. Saya khawatir terjadi apa-apa makanya saya twit agar ada seseorang yang bisa menyambungkan saya ke KBRI dan kalau terjadi apa-apa ada jejaknya," lanjutnya.

Setelah mendekam 10 jam tanpa diberi penjelasan, Ustaz Solmed akhirnya bisa pulang ke Indonesia pukul 7 malam © KapanLagi.com®/Agus ApriyantoSetelah mendekam 10 jam tanpa diberi penjelasan, Ustaz Solmed akhirnya bisa pulang ke Indonesia pukul 7 malam © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Ustaz Solmed pun terpaksa harus ketinggalan penerbangan yang dikehendakinya karena tidak kunjung dikeluarkan dari ruang isolasi. Padahal sebelumnya pihak imigrasi Singapura telah berjanji untuk melepaskan penceramah sekaligus aktor ini pada pukul 2 siang.

"Tiket pulang saya jam setengah 5 sore sudah dibeli. Mereka bilang pada jam satu siang bahwa jam 2 saya bisa keluar. Ternyata saya tunggu mereka baru datang lagi jam setengah 6 sore. Saya mulai panik, tidak ada yang mendampingi, kuota juga terbatas. Saya minta istri kirimkan pulsa tapi tetap cepat habis."

"Akhirnya jam 7 lebih baru dikeluarkan dari ruang isolasi yang dikunci, yang punya akses keluar masuk hanya petugas. Dan yang menginterogasi saya bukan orang imigrasi tapi polisi. Saat saya tanya mengapa, ada apa, mereka tidak memberikan jawaban apa-apa," terang Ustaz yang juga pernah dikeroyok ini.

"Mereka suruh saya diam, jangan bicara, tenang, itu aja yang keluar dari mulutnya. Sampai akhirnya saya beli tiket lagi, tidak mereka belikan. Nggak apa-apa, yang penting saya bisa pulang. Pas di ruang tunggu saya tanya lagi, mereka bilang 'Kamu clear, kamu bersih, kamu boleh pulang dan kumpul dengan anak istri'," tandas Ustaz Solmed.

Sudah Baca Yang Ini Belum?

Ditahan di Bandara Changi, Ustaz Solmed Ditanya Facebook & Sosmed

Ditahan Berjam-Jam di Singapura, Ustaz Solmed Tak Lapor Polisi?

Saat Ditahan Respon KBRI Lambat, Ustaz Solmed Curhat di Twitter

Tanpa Alasan Yang Jelas, Ustaz Solmed Ditahan Imigrasi Singapura

April Jasmine Berbagi Tips Sehat Selama Jalani Puasa

(kpl/pur/agt)

Editor:

Agista Rully

Rekomendasi Pilihan





Lihat Arsip Selebriti

- - -