Bisnis Bakmi, Baim Wong Mampu Balik Modal Dalam Waktu 6 Bulan

Minggu, 31 Desember 2017 08:38 Penulis: Wulan Noviarina
Bisnis Bakmi, Baim Wong Mampu Balik Modal Dalam Waktu 6 Bulan Baim Wong @KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Selain karena passion, salah satu alasan Baim Wong membuka resto Bakmi Wong adalah karena ia cepat balik modal. Meski tergolong baru, modal yang dicurahkan Baim di bisnis ini sudah kembali dalam waktu singkat.

"Ini balik modalnya cepet banget, cuma 3 - 6 bulan. Semuanya belajar, nggak ada yang instan. Kalau ngelihat, saya juga mondar-mandir. Karena istilahnya karyawan ngebentuk karena atasannya juga turun. Saya memposisikan customer ke sini seneng, pulang seneng," ungkap Baim, Sabtu (30/12).

Baim banyak belajar dari pengalamannya membuka bisnis serupa dengan Raffi di Kemang beberapa waktu lalu. Menurutnya, kala itu bisnisnya hanya gaya-gayaan. Sekarang yang ia pelajari adalah bagaimana memuaskan orang, karena bisnis tidak melulu soal uang.

Baim merasa bahwa bisnis bukan melulu soal uang @KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaBaim merasa bahwa bisnis bukan melulu soal uang @KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Soal budget modal, Baim mengaku bahwa ia sekarang sudah jarang pakai modal. Ada beberapa pihak yang mengajaknya kerjasama dengan menyediakan tempat. Namun Baim tetap menyortir tawaran yang masuk kepadanya.

"Jadi kebanyakan ada tempat kosong. Di ITC Fatmawati ada, sudah jadi (tempatnya) tapi bisa juga nggak jadi (kerjasamanya) karena di situ ada LRT. Jadi pengaruh buat jalannya," lanjutnya.

Kini Baim masih fokus mengembangkan usaha Bakmi Wong yang ia rintis sejak beberapa bulan lalu itu. Ia terjun total dan menyediakan waktu 24 jam untuk passionnya sekarang.

(kpl/far/phi)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING