Dewi Motik, 'Cinta' Dan 'Sek' Dalam Perpustakaan

Rabu, 20 September 2006 23:03 Penulis: Darmadi Sasongko
Kapanlagi.com - Bagi mantan Putri Indonesia yang kini lebih dikenal sebagai pengusaha nasional, Dewi Motik, layanan paripurna juga harus diberikan para pustakawan selaku pengelola jasa perpustakaan.

"Karena itu, berikan layanan 'Cinta' yang merupakan kependekan dari cerdas, intelek, tersenyum dan proaktif," ujarnya kepada 42 pustakawan perguruan tinggi dalam seminar di Perpustakaan ITS Surabaya (19/9).

Dalam sesi bersama psikolog Nalini M Agung, wanita kelahiran Jakarta pada 10 Mei 1949 itu memaparkan layanan 'cinta' dapat diberikan melalui tiga hal yakni SEK atau simpati, empati, dan konsistensi (istiqomah).

"Melalui SEK itulah baru dapat diberikan layanan 'cinta'. Melalui simpati, para pustakawan harus bisa memberikan yang terbaik, mulai dari senyum dan ramah dalam melayani hingga sopan santun dalam bertutur kata," katanya.

Dalam bersimpati, seorang pustakawan harus mampu menghormati orang lain. "Jangan harap dihormati orang kalau kita tidak mau menghormati orang. Kalau pun kita sudah menghormati orang, sebaiknya berikan sesuatu tanpa berharap untuk dihormati," ucapnya.

Untuk berempati kepada para peminjam, kata pengarang buku "Management by Love" itu, pustakawan juga harus mampu mengenal siapa peminjam buku.

"Itu erat kaitannya manakala saat pengembalian buku ditemukan ada halaman-halaman yang hilang, dan seorang pustakawan harus dapat berempati, kenapa hal itu bisa terjadi. Kalau perlu ditanya kenapa hal itu bisa terjadi, apakah mereka menginginkan bagian buku itu dan kemudian tidak mampu untuk memfotokopi, maka pustakawan harus memberikan fotokopi gratis," tuturnya memberi contoh.

Setelah memberikan layanan `cinta`, pustakawan juga ada baiknya memikirkan kegiatan perpustakaan agar tidak mati melalui serangkaian kegiatan ilmiah dan implementasi lapangan. "Bangun juga jaringan untuk menambah jumlah koleksi perpustakaan," katanya, didampingi Kepala Perpustakaan ITS, Drs Achmad MA.

(*/dar)


REKOMENDASI
TRENDING