SELEBRITI

Dian Sastrowardoyo Dukung Gerakan 'Kebaya Goes to UNESCO', Ajak Para Perempuan untuk Biasakan Diri Pakai Kebaya

Jum'at, 29 Juli 2022 21:32

Dian Sastrowardoyo dukung gerakan Kebaya Goes to UNESCO / Credit Foto: Dokumentasi Pribadi

Kapanlagi.com - Dalam beberapa waktu terakhir ini, Dian Sastrowardoyo kerap kali terlihat tampil dengan outfit yang berbeda dari biasanya. Ya, bintang film ADA APA DENGAN CINTA? itu sedang gemar mengenakan kebaya. Bahkan, salah satu fotonya ketika mengenakan kebaya juga sempat viral bukan main di media sosial.

Usut punya usut, Dian memang sedang punya 'misi' tertentu lewat penampilannya itu. Bukan sekedar untuk fashion belaka, wanita berusia 40 tahun ini ingin mengajak perempuan Indonesia untuk memakai kebaya sekaligus mendukung gerakan Kebaya Goes to UNESCO. Gerakan tersebut bertujuan mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya takbenda ke UNESCO.

"Kenapa saya mau ikut ini? Karena saya suka kebaya dan jujur saya enggak sendiri. Saya tahu banyak yang suka kebaya, teman-teman artis influencer banyak. Dan saya ajakin bareng-bareng secara perosnal, saya teleponin kayak Andien yuk pakai kebaya barengan, terus ngopi pakai kebaya. Raisa aku ajakin juga jadi saya ajak temen-temen saya dan bersyukurnya banyak yang mau," tutur Dian Sastrowardoyo di kawasan Thamrin Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2022).

1. Pakai Kebaya Terinspirasi dari Sang Nenek

Dian juga sedikit mengenang sebuah pengalaman masa kecilnya yang membuatnya cinta pada kebaya. Ternyata, sang nenek punya peran penting yang mendasari buah pemikiran Dian tersaebut. Begini ceritanya..

"Setiap kali Eyang mau berangkat ke kawinan gitu, saya selalu nunggu di luar kamar. Terus begitu saya melihat Eyang pakai outfit-nya, pakai selendang, pakai sanggulnya gimana, giwangnya, aku sampai wahhh auranya beda banget, karismanya beda banget. Kesannya dia kayak super power, karena karisma perempuan Indonesia itu keluar banget kalau udah pakai kebaya, pakai kain," kenang Dian.

Dari ketika sudah beranjak dewasa, Dian merasa tertantang untuk meniru sang nenek, yakni bisa selalu percaya diri setiap saat ketika mengenakan kebaya dalam berbagai kesempatan.

2. Pembuktian Pada UNESCO

Dari dukungan itu, Dian Sastro dan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) juga meluncurkan laman tradisikebaya.id. Lewat laman tersebut, Dian Sastro mengajak para perempuan Indonesia untuk foto dengan kebaya dan mengunggahnya ke laman tersebut.

"Kita tuh harus membuktikan dulu kepada UNESCO bahwa warga Indonesia banyak banget yang pakai kebaya. Makanya lewat acara kayak gini, lewat sama teman dari PANDI ngajakin mungkin banyak teman-teman yang sudah biasa pakai kebaya sehari-harinya," ungkap Dian Sastro lagi.

Proses pendaftaran kebaya ke UNESCO dipastikan membutuhkan waktu dan proses. Namun Ratih Ayu selaku asisten Deputi Pengembangan Usaha dan Kerjasama PANDI percaya jika gerakan Kebaya Goes to UNESCO bisa terealisasi jika dapat dukungan dari banyak pihak.

"Saat ini kami masih mencari beberapa dukungan. Kedepannya kami mau mengumpulkan foto-foto untuk bukti bahwa kebaya sudah digunakan secara massive," tutur Ratih.

Nah KLovers sendiri pasti mau dong untuk ikut bagian dari gerakan besar ini. Langkah awalnya simple aja kok, mulailah percaya diri untuk mengenakan kebaya di kehidupan sehari-hari. Together, we can do this!

REKOMENDASI
TRENDING