SELEBRITI

Fakta Baru Terungkap, Polisi Sebut Salah Satu Tersangka Baru Dalam Kasus Mafia Tanah yang Dialami Keluarga Nirina Zubir Adalah Pegawai Bank BUMN

Rabu, 13 Juli 2022 19:00 Penulis: Dian Eka Ryanti

Preskon mafia tanah Nirina Zubir: © KapanLagi.com/Bayu Herdianto)

Kapanlagi.com - Kasus mafia tanah yang menimpa keluarga aktris Nirina Zubir lagi-lagi memasuki babak baru. Di tengah persidangan yang sedang berlangsung, polisi rupanya telah berhasil menangkap tiga orang tersangka baru.

Ketiganya ditetapkan sebagai tersangka setelah banyak fakta baru yang terungkap dari persidangan kasus mafia tanah ini. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan salah satu dari tiga tersangka baru ini rupanya adalah pegawai bank BUMN, BRI.

1. Membantu Tersangka Mencairkan Kredit

Dimana tersangka berinisial AEO ini berperan untuk membantu tersangka lain untuk mencairkan kredit dengan jaminan sertifikat tanah hasil kejahatan. Sementara dua tersangka lainnya, bernama Mochamad Syaf Alatas dan Cito.

"Laki-laki, ini perannya merupakan pegawai BRI, yang berperan membantu pencairan kredit dengan jaminan sertifikat atas nama tersangka," ungkap Endra Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (13/7).

2. Mendanai Proses Balik Nama

Tersangka Alatas sendiri berperan untuk mendanai proses balik nama sertifikat hak milik korban. Sedangkan, Cito berperan membuat surat kuasa palsu yang seolah-olah diperintah oleh ibu Nirina Zubir untuk membuat surat kehilangan AJB ke polisi.

"Satu lagi DPO (buron) inisial RAP peran turut membantu pembiayaan proses balik nama sertifikat," ujarnya.

Sebelumnya, penyidik terlebih dahulu telah menetapkan lima orang tersangka. Kelimanya kini masih menjalani tahap persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

 


REKOMENDASI
TRENDING